MOLADIN
Yamaha Jupiter Z1
Yamaha Jupiter Z1 0
Jupiter Z1 - Red Champion
Yamaha Jupiter Z1 0
Yamaha Jupiter Z1 1
Yamaha Jupiter Z1 2
moladin jaminan transaksi 100% aman
Jaminan Transaksi 100% Aman
DP motor dibayar setelah motor diterima
moladin platform motor online pertama di infonesia
PLATFORM MOTOR ONLINE
PERTAMA DI INDONESIA

Review Yamaha Jupiter Z1

 

Pros: 

Handling lincah, mesin responsif.

 

Cons: 

Minim fitur keamanan, modelnya kurang update dan modern.

 

Verdict: 

Cocok untuk penggemar motor bebek yang mengutamakan kelincahan dan efisiensi BBM, sekaligus ingin terlihat sedikit sporty di jalan raya.

 

Pertarungan pabrikan di kelas motor bebek (cub) memang sudah tidak seramai beberapa tahun lalu. Tren skuter matik atau skutik lah yang menjadi penyebabnya. Banyak pengguna motor bebek kini beralih ke tipe skutik yang dianggap lebih praktis. Namun, munculnya tren skutik bukan berarti mematikan pasar motor bebek secara total. Meskipun tidak besar, pangsa pasar motor bebek tetap ada, contohnya Yamaha yang masih konsisten merilis varian motor Jupiter. Generasi terbaru varian ini masih diminati dengan respon pasar yang cukup tinggi, baik itu melalui pembelian secara cash maupun kredit Yamaha Jupiter Z1. 

Yamaha sendiri memang dikenal sebagai produsen motor bebek yang memiliki nilai lebih. Meskipun dirancang sebagai motor perkotaan, motor bebek keluaran Yamaha sempat tenar di dunia balap. Bahkan, hingga kini,  eksistensi Jupiter Z1 di arena balap masih tetap terdengar. Hal inilah yang membuat sebagian konsumen tetap setia menggunakan varian motor Jupiter. Terlebih, harga Yamaha Jupiter Z1 juga terbilang cukup terjangkau. Dengan pangsa pasar yang tidak terlalu dominan, pengembangan motor bebek seperti Yamaha Jupiter Z1 terbilang cukup lambat. Meskipun begitu, Yamaha Jupiter Z1 tetap menarik untuk diulas lebih jauh. Mari simak review Yamaha Jupiter Z1 dari Moladin berikut ini.

Perbaikan Signifikan Mesin Yamaha Jupiter Z1

Peralihan mesin dari 110 cc di tipe Jupiter Z ke mesin 115 cc pada tipe New Jupiter Z sempat menimbulkan keluhan dari pencintanya. Sebab, hal ini secara tak langsung turut memengaruhi aspek ketangguhannya. Beruntung, pihak Yamaha sepertinya cukup sigap menanggapi umpan balik dari konsumen tersebut. Di generasi Yamaha Jupiter Z1, bagian mesin dibenahi secara signifikan untuk  menghilangkan keraguan konsumen. Mesin Jupiter Z1 terasa lebih halus dari segi getaran. Namun, saat grip gas mulai dipelintir, bisa terasa lontaran tenaga yang berbeda dibanding mesin generasi sebelumnya. 

Tenaga Yamaha Jupiter Z1 menurut kami juga terbilang cukup responsif, berbeda dengan mesin sebelumnya yang agak kewalahan untuk mengejar rpm tinggi. Jupiter Z1 memang punya power maksimal yang juga lebih tinggi, selisihnya bisa 1 hp lebih dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk mesin berkapasitas 115 cc, lonjakan tenaga tersebut sangat terasa. Di putaran atas, nafasnya pun terasa lebih panjang. Meski top speed motor ini sendiri menurut kami tidak terlalu istimewa, namun untuk ukuran bebek berkapasitas mesin kecil karakter mesinnya cukup menyenangkan.

Desain Klasik Namun Khas Yamaha Jupiter Z1

Saat melakukan review Yamaha Jupiter Z1, sekilas kami merasa tampilan motor ini sebenarnya masih cukup mirip dengan generasi Jupiter terdahulu, New Jupiter Z. Namun, jika diperhatikan lebih detail, akan terlihat sedikit perbedaan pada bagian-bagian tertentu seperti lekuk bodi, bentuk lampu, dan detail di switch. Meskipun begitu, tampilan khas Jupiter 115 dengan bentuk lampu terpisah yang sering disebut “burung hantu” masih sangat kentara. Tampilan motor ini pun terlihat lebih sporty dibandingkan bebek lain di kelasnya karena garis bodinya yang tajam. Kemiripan desain ini dapat menjadi nilai tambah bagi konsumen yang menyukai desain Jupiter dari generasi awal.

Namun, karena sudah lama tidak mendapat penyegaran secara major, fitur yang terdapat di motor ini juga sudah agak tertinggal dibandingkan sepeda motor-motor lain yang hadir di era sekarang. Tidak ada pembaruan seperti lampu LED, digital speedometer, atau semacamnya. Fitur keamanan juga masih sangat standar. Sepertinya sudah waktunya tipe ini kembali disegarkan dan disesuaikan dengan penambahan fitur-fitur baru. Dalam hal pemilihan warna, opsi yang tersedia cukup terbatas, yakni hanya biru, merah, dan hitam. Kami juga tidak menemukan desain striping spesial pada motor ini, karena hanya menggunakan pola kombinasi hitam, putih, atau gold yang juga sudah banyak diterapkan pada time motor Yamaha lain.

Kenyamanan Berkendara dengan Yamaha Jupiter Z1

Proporsionalitas Posisi Berkendara Yamaha Jupiter Z1

Bagi Anda yang sudah familiar dengan posisi berkendara Jupiter, saat mengendarai tipe Yamaha Jupiter Z1 pengalaman yang didapat tidak akan terasa jauh berbeda. Posisi jok rendah yang dihadirkan membuat motor ini cukup ergonomis untuk dikendarai orang berpostur kurang dari 170 cm. Posisi setangnya pun cukup nyaman. Namun, masih terlihat aura bebek Yamaha yang memang di-setting sedikit lebih sporty dengan bentuk lekukan ke belakang. Dari segi tempat duduk, Yamaha Jupiter Z1 memungkinkan pengendaranya berkendara dalam posisi ideal. Bentuk joknya cukup proporsional, dan nyaman dikendarai baik itu untuk pengendara maupun penumpang. 

 

Handling Yamaha Jupiter Z1 Unggul Dibanding Bebek Sekelasnya

Sekali lagi, pengalaman berkendara khas bebek Yamaha juga masih sangat terasa pada Yamaha Jupiter Z1. Karakter handling bebek Yamaha yang mudah diajak bermanuver terasa lebih baik daripada bebek sekelasnya yang dibuat oleh pabrikan lain. Sepertinya, Yamaha memang sengaja mempertahankan konstruksi sasis yang sudah menjadi keunggulan Jupiter sejak lama.

 

Suspensi Yamaha Jupiter Z1 Mirip Tipe Jupiter Terdahulu

Di bagian suspensi, Yamaha Jupiter Z1 sebenarnya tidak terlalu istimewa. Rancangan suspensinya masih mirip dengan tipe Jupiter terdahulu. Bantingannya cenderung standar, tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu empuk. Dari fakta tersebut, terlihat kalau Yamaha memang seolah ingin merancang motor ini supaya layak diajak bermanuver di dalam kota, namun tetap dapat meredam benturan saat melewati jalan rusak atau ketika berboncengan.

 

Pengereman Yamaha Jupiter Z1 Gunakan Kombinasi Andalan Yamaha

Sama dengan bagian suspensi, aspek pengereman Yamaha Jupiter Z1 juga masih tergolong biasa-biasa saja. Pabrikan ini masih mengandalkan tradisi kombinasi disc brake di depan dan rem tromol di belakang. Meskipun tidak terlalu spesial, namun kemampuan menahan laju motor ini agaknya lebih baik dibanding bebek kompetitornya yang masih menggunakan kombinasi rem dengan tipe yang sama.

Konsumsi BBM Yamaha Jupiter Z1, Irit dengan Sistem Injeksi

Salah satu aspek yang sangat diunggulkan di motor bebek berkapasitas mesin kecil seperti Yamaha Jupiter Z1 adalah efisiensi bahan bakarnya. Dengan penerapan sistem pengabutan bahan bakar injeksi, tentu kita bisa berharap banyak pada konsumsi bensin motor ini. Yamaha Jupiter Z1 sendiri rata-rata mampu mencapai jarak lebih dari 50 km untuk satu liter bensinnya dengan kondisi jalan yang bervariasi. Dalam kondisi tertentu, bahkan motor bebek ini bisa mencapai jarak 60 km hanya dengan menghabiskan satu liter bensin saja.

Yamaha Jupiter Z1 Layak Dipertimbangkan untuk Pencinta Motor Bebek

Meskipun pasarnya terus-terusan digerus motor skutik, Yamaha Jupiter Z1 masih diselipkan di lini produk Yamaha. Memang, motor ini terbukti masih mempunyai penggemar tersendiri. Sebab, harus diakui tidak semua orang puas dengan cara berkendara motor bertransmisi otomatis. Sebagian masih ada yang ingin merasakan sensasi perpindahan gigi. Motor dengan transmisi manual, meskipun memakai kopling semi otomatis seperti bebek Jupiter Z1, juga terkadang dianggap lebih responsif dan irit dibanding skutik.

Buat Anda yang masih mendambakan motor seperti itu, sekarang memang sudah tidak banyak pilihan yang dihadirkan beberapa pabrikan motor. Untuk kelas bebek berkapasitas 100-125 cc, Yamaha Jupiter Z1 bisa dianggap sebagai salah satu produk yang bisa diunggulkan. Harga Yamaha Jupiter Z1 yang berada di kisaran angka Rp 18 jutaan juga terbilang cukup kompetitif dan sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Dengan Yamaha Jupiter Z1, Anda bisa mendapat motor bebek yang cukup sporty, lincah, namun tetap irit. Dapatkan promo Yamaha Jupiter Z1 dan berbagai tipe motor lain di platform sepeda motor online pertama dan terbesar di Indonesia, Moladin. Tak hanya membuat pengeluaran lebih hemat, Anda juga bisa mendapatkan sistem kredit Yamaha Jupiter Z1 yang mudah dan praktis. 

General Fitur Yamaha Jupiter Z1

  • Double Head LampLampu futuristik menggunakan bohlam ganda yang otomatis
  • Forged PistonTeknologi Juara yang kuat, awet, ringan
  • New StrippingStripping baru bergaya racing refleksi karakter motor cepat.

ULASAN Yamaha Jupiter Z1

4.1
95 Review
Taufik NURHIDAYAT
5.0
29 Januari 2019

Jupiter Z1 baru kini punya tampang yang lebih rupawan dari model lawas. Lihat saja dua lampu utama yang sangat menarik dan stylish. Penyinaran yang bagus dan bergaya. Terlebih kursi yang nyaman. Rem cakram depannya sangat kuat. Mampu menghentikan sepeda dalam waktu singkat.

DISKUSI PRODUK Yamaha Jupiter Z1

Anda punya pertanyaan? Ayo diskusikan dengan Jinny!
Eki Prayatman
Eki Prayatman

kalau Dp3 juta angsuran 35 bulan berapa, Palembang

JINNY MOLADIN
JINNY MOLADIN

Hallo gan Rafy, untuk motor Yamaha belum cover daerah Palembang. Saat ini hanya motor Honda saja yang sudah cover gan, langsung saja ajukan kredit motor di Moladin gan. Melalui website resmi kami di https://moladin.com/motor/Honda atau download aplikasi kami di Playstore Moladin - Platform Sepeda Motor Online -SK Customer Service

Motor Yamaha Jupiter Z1 Terbaru, Terlengkap dan Terpercaya Hanya di Moladin

Butuh motor bebek yang tangguh untuk menemani kamu berkendara setiap hari? Yamaha sebagai produsen motor asal jepang ini tidak berhenti berinovasi. Yamaha menghadirkan motor yang bisa memenuhi kebutuhan konsumennya. Yamaha Jupiter Z1 dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Banyak kelebihan dari motor bebek ini yang menjadikan dia salah satu motor andalan Yamaha.

Yamaha Jupiter Z1 hadir dengan bodi yang ramping dan ringan. Dengan kelebihan itu pula motor bebek ini dapat dimodifikasi dengan mudah. Karena alasan itu juga yang membuat konsumen di Indonesia sangat puas memiliki motor Yamaha Jupiter Z1. Desain dari motor bebek ini juga terinspirasi dari MotoGP. Dapat dilihat dari lekukan bodi Yamaha Jupiter Z1 terlihat sangat dinamis dan ringan membuat pengguna nyaman saat bermanuver. Selain desain motor bebek ini juga memiliki spesifikasi yang juga bisa mendukung kamu saat melakukan aktivitas berkendara.

 

Spesifikasi Motor Yamaha Jupiter Z1

  • Aerodynamic Air Flow System

Terdapat Lekukan air flow system pada fairing Yamaha Jupiter Z1 terinspirasidari Moto GP.

  • Arrow Tail Shaped Light

Desain pada motor bebek ini sangat aerodinamis dan futuristic. Terlihat dari lampu belakang yang lebih panjang dan ramping. Yang membuat motor bebek ini menjadi lebih sporty dan trendy

  • Double Head Lamp

Yamaha Jupiter memiliki lampu yang futuristik dengan menggunkan bohlam ganda yang otomatis. Yang membuat pengendara merasa aman saat berkendara dalam keadaan gelap.

  • Forged Piston

Mengadopsi teknologi forged piston yang merupakan teknologi juara yang kuat, awet, dan juga ringan.

  • New Stripping

Pada Yamaha Jupiter Z1 memiliki stripping baru bergaya racing yang menunjukan karakter motor cepat.

  • Daya Maksimum

Daya maksimum yang dihasilkan oleh Yamaha Jupiter Z1 adalah 7,4 kW / 7750 rpm. Yang membuat pengalaman berkendara kamu lebih oke.

  • Sistem Bahan Bakar

Pada Yamaha Jupiter Z1 juga menggunakan sistem Fuel Injection yang menjadikan motor bebek ini hemat bahan bakar. Keuntungan hemat bahan bakar selain ramah dikantong juga ramah lingkungan.

 

Harga Motor Yamaha Jupiter Z1

Setelah panjang lebar membahas dengan detail spesifikasi Yamaha Jupiter Z1. Kamu pasti penasaran berapa harga Yamaha Jupiter Z1. Harga yang ditawarkan dari Moladin sendiri untuk satu unit motor bebek ini adalah 17 Juta'an, harga ini bisa berubah sewaktu waktu. Harga yang ditawarkan untuk satu unit Yamaha Jupiter rasanya sangat masuk akal dengan kelebihan yang dimiliki oleh motor bebek ini. Banyak konsumen yang merasa sangat puas dengan performance dari Yamaha Jupiter Z1 ini. Dengan handling yang nyaman dan motor yang ‘bandel’ dikelasnya. Selain menjadi kendaraan yang bisa mendukung aktivitas kamu sehari hari motor ini juga mendukung penampilan kamu saat berkendara. Menjadi hal yang tepat jika kamu menjatuhkan pilihan pada Yamaha Jupiter Z1 ini.

 

Spesifikasi Warna Motor Yamaha Jupiter Z1

Dengan segala keunggulan dari Yamaha Jupiter Z1, keuntungan lain yang bisa kamu rasakan adalah pilihan warna dari motor bebek ini dapat membuat kamu semakin percaya diri saat  berkendara. Berikut pilihan warna dari Yamaha Jupiter Z1:

  • Black Winner, Ini adalah warna yang netral bagi kamu pecinta warna yang aman namum tetap trendy.
  • Blue Racing Hero, Bila kamu pecinta warna biru ini adalah warna yang tepat untuk kamu.
  • Red Champion, dengan warna merah motor Yamaha Jupiter Z1 akan terlihat lebih macho dan sporty .