10 Komponen Mobil Hybrid yang Wajib Dicek Berkala

Performa mesin Almaz Hybrid lebih mumpuni

Kali ini Moladin akan mengulas komponen mobil hybrid yang wajib dicek secara berkala. Hal ini perlu dipahami lantaran pemilik mobil hybrid dari hari ke hari yang terus bertambah karena mengincar efisiensi yang ditawarkan mobil hybrid.

Berbeda dari mobil bermesin bakar bensin, ternyata ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan pemilik mobil hybrid. Hal ini untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam kondisi optimal baik untuk penggunaan sehari-hari maupun saat dipakai untuk perjalanan jarak jauh ketika berlibur.

Meskipun perawatannya mirip dengan mobil konvensional, ada beberapa komponen penting di mobil hybrid yang perlu perhatian khusus.

mesin Toyota Yaris Cross Hybrid terkenal irit

Menurut Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, pemilik mobil hybrid Toyota harus memperhatikan kondisi mobil mereka dan rutin melakukan perawatan berkala untuk memastikan performa mobil tetap optimal.

“Mobil hybrid Toyota mengadopsi teknologi canggih, maka dari itu kondisinya harus diperhatikan dan tidak abai dalam melakukan perawatan berkala,” terang Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, dikutip 1 Juli 2024.

Berikut adalah 10 komponen mobil hybrid Toyota yang harus diperiksa secara rutin:

  1. Ban Mobil: Ban harus dalam kondisi baik untuk menopang berat mobil dan memberikan akselerasi serta pengereman yang optimal. Periksa tekanan ban, keausan tapak, dan pastikan tidak ada sobekan atau benjolan. Segera ganti ban yang bermasalah.
  2. Kaki-Kaki Mobil: Periksa shock absorber dan pastikan tidak ada kebocoran. Pastikan kemudi bekerja dengan baik tanpa kendala. Kaki-kaki mobil yang rusak dapat mengganggu kenyamanan berkendara.
  3. Motor Listrik: Motor listrik bekerja keras, terutama saat melewati jalan banjir atau rusak. Periksa motor listrik secara berkala di bengkel resmi.
  4. Baterai Hybrid: Baterai terletak di bawah dek penumpang dan rentan terhadap benturan, panas, dan air. Cek baterai dan rumahnya serta kisi-kisi pendingin. Pastikan baterai tidak overheat dan mobil hybrid yang jarang digunakan tetap dijalankan secara rutin.
  5. Rem Mobil: Periksa kebocoran pada selang rem dan kondisi kampas rem. Ganti kampas rem yang aus dan pastikan volume cairan rem cukup.
  6. Oli Mesin: Periksa takaran oli mesin dan pastikan tidak ada perubahan warna. Ganti oli mesin setiap 6 bulan bersamaan dengan servis berkala.
  7. Radiator Coolant: Pastikan warna coolant tidak berubah dan periksa selang serta rumah radiator. Gunakan coolant berkualitas untuk mencegah masalah.
  8. Cairan Kendaraan Lainnya: Periksa cairan penting lainnya seperti minyak kopling, air pembersih kaca, oli transmisi, dan cairan power steering. Pastikan volumenya cukup dan tidak ada perubahan warna.
  9. Kabin Mobil: Bersihkan kabin dengan vacuum cleaner, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin serta bagasi. Pastikan kabin bebas dari kotoran dan bau tidak sedap.
  10. AC Mobil: Periksa AC mobil dan filter kabin untuk memastikan udara tetap bersih. Servis AC secara berkala untuk mencegah penurunan performa.

Demikian ulasan Komponen Mobil Hybrid yang Wajib Dicek. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin Dari Bogor Jadi Mobil Pemadam Kebakaran

Kelebihan dan Kekurangan Citroen E-C3 Dipakai Kencan Singkat ke Puncak

Daftar Harga Vespa Bulan Juli 2024, Termurah Seharga Toyota Soluna Bekas!