3 Alasan Jangan Modifikasi Knalpot Motor Kamu

Modifikasi knalpot motor memang sering dilakukan untuk membuat kendaraan terlihat lebih keren dan suaranya lebih sporty. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengganti knalpot standar pabrik dengan knalpot modifikasi, ada beberapa alasan mengapa hal ini sebaiknya dihindari.

Berikut adalah tiga alasan penting kenapa kamu tidak seharusnya memodifikasi knalpot motor kamu.

1. Suara jadi Bising

Fungsi utama knalpot standar pabrik adalah meredam suara bising yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin. Knalpot racing yang sering digunakan sebagai pengganti, biasanya menghasilkan suara yang lebih kencang dan menggelegar.

Meskipun suara ini terdengar lebih sporty, itu bisa sangat mengganggu orang di sekitar, terutama di area perumahan atau jalan raya yang padat. Knalpot racing dirancang untuk digunakan di sirkuit balap, bukan di jalanan umum.

Jadi, knalpot standar pabrik yang sudah sesuai dengan regulasi tingkat kebisingan sangat dianjurkan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama.

2. Meningkatkan Emisi Gas Buang

modifikasi knalpot motor meningkatkan emisi gas buang

Knalpot standar pabrik dirancang melalui serangkaian pengujian agar bisa menekan emisi gas buang yang dihasilkan mesin. Ketika kamu mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau knalpot aftermarket lainnya, sistem pembakaran pada mesin motor bisa menjadi tidak optimal.

Alhasil, emisi gas buang yang dilepaskan bisa lebih tinggi dan berdampak buruk bagi lingkungan. Menggunakan knalpot standar adalah salah satu cara efektif untuk meminimalkan polusi udara yang dihasilkan kendaraan bermotor. Apalagi, ganti knalpot hanya untuk gaya-gayaan tidak akan meningkatkan performa motor kamu, malah lebih banyak merugikan.

3. Membatalkan Garansi Kendaraan

Bagi kamu yang masih memiliki garansi kendaraan, modifikasi knalpot bisa merugikan. Pihak asuransi atau dealer biasanya hanya akan menerima klaim jika motor masih dalam kondisi standar, termasuk komponen knalpot.

Jika kamu melakukan modifikasi, garansi motor bisa hangus, dan kamu harus menanggung sendiri biaya perbaikan jika terjadi kerusakan. Jadi, sebaiknya hindari mengganti knalpot dengan versi modifikasi agar garansi motor tetap berlaku.

Demikian ulasan Modifikasi Knalpot Motor. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Kia Resmikan Pabrik Baru Untuk Produksi Mobil Listrik, Kapasitas Produksi Tembus 150 Ribu Unit!

Pilihan Rute Alternatif Menuju GIIAS Semarang 2024

Rolls-Royce Ghost Series II Meluncur, Model V12 Tercanggih Sarat Teknologi