3 Perbedaan Honda Brio CBU dan CKD, Kalian Pilih Mana?

Perbedaan Honda Brio CBU dan CKD

Berikut ulasan mengenai perbedaan Honda Brio CBU dan CKD yang menarik untuk diketahui. Salah satu yang mencolok adalah kubikasi mesinnya.

Honda Brio pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2012 dnegan status CBU dari Thailand. Mendapat respon positif dari konsumen, di tahun 2013 Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya Brio dirakit secara lokal (CKD) untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin banyak.

Langsung saja, berikut perbedaan Honda Brio CBU dan CKD yang ada di Indonesia.

1. Kapasitas Mesin Brio CBU Lebih Besar

Perbedaan Honda Brio CBU dan CKD pertama adalah dari sektor jantung pacunya. Brio CBU mengadopsi mesin 1.300 cc VTEC. Detailnya sebagai berikut:

  • Tipe: L13A, SOHC 16 valve
  • Kapasitas: 1.339 cc
  • Bore x stroke : 73.0 x 80.0 mm
  • Tenaga maks : 98,6 hp / 6.000 rpm
  • Torsi maks : 127 Nm / 4.800 rpm

Sementara itu, untuk Honda Brio CKD pakai mesin 1.200 cc VTEC yang di atas kertas tenaganya 88 hp dan torsi puncak 110 Nm melalui transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

2. Material Interior Brio CBU Lebih Berkualitas

Perbedaan Honda Brio CBU dan CKD selanjutnya adalah kualitas materialnya interiornya. Brio CBU terlihat lebih berkualitas dibanding Brio CKD.

Salah satunya adalah finishing select knob atau tuas persneling dan tuas rem tangan (parking brake) Brio CKD yang tidak sedetail Brio CBU.

Soal audio, Brio CKD dibekali dengan head unit single DIN yang sudah mendukung pemutar CD dan terdapat slot USB.

Pada Brio CBU juga sama, tapi perbedannya ada pada single DIN yang digunakan karena Honda Brio CBU Thailand sudah mengandalkan headunit lansiran JVC dengan kode KD-HDR44 yang kualitas suaranya dinilai lebih baik.

Untuk bagian joknya, Brio CKD dan Brio CBU punya model yang sama, begitu pula dengan motif yang digunakan. Perbedaannya hanya pada pemilihan warnanya saja, lantaran di Brio CBU menggunakan dua warna atau dual tone, yakni kombinasi antara beige (krem) dan coklat muda. Sedangkan jok Brio CKD dilapisi dengan kain fabric hnaya dengan satu warna, yaitu beige.

3. Fitur Brio CBU Lebih Komplit

Selanjutnya untuk kelengkapan fitur, Brio CBU tergolong lebih komplit. Dimana ada lampu kabut (foglamp). Spionnya sewarna body dan bisa diatur secara elektrik, serta dibekali dengan wiper belakang.

Kemudian untuk jendela pintu baris kedua juga sudah memiliki fitur power window. Varian CBU juga mendapatkan deffoger di kaca belakang hingga tilt steering.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

10 Harga dan Jenis Vespa Matic 2024, Ada Rakitan Lokal

45 Unit Mobil Listrik BMW Siap Dukung Pelantikan Presiden Prabowo Subianto

Mengenal Fitur-fitur Unggulan New Mitsubishi Pajero Sport Dengan Keamanan Maksimal