4 Gejala Motor Harus Turun Mesin, Kenali Sebelum Terlambat

Kali ini Moladin akan mengulas 4 Gejala Motor Harus Turun Mesin. Motor yang sudah berumur memang cenderung membutuhkan perawatan ekstra.

Jika tidak dirawat dengan baik, komponen di dalam mesin bisa mengalami kerusakan serius, hingga mengharuskan motor turun mesin. Proses ini merupakan salah satu perbaikan berat yang tentu akan memakan waktu dan biaya cukup besar.

Sayangnya, banyak pengendara yang sering kali mengabaikan tanda-tanda awal kerusakan motor. Padahal, jika gejalanya diketahui lebih awal, perbaikan bisa dilakukan lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih ringan.

Untuk itu, penting bagi kamu mengenali beberapa gejala yang menjadi pertanda motor akan turun mesin. Dengan memahami tanda-tanda tersebut, kamu bisa segera melakukan tindakan pencegahan sebelum masalah menjadi lebih serius.

Berikut empat gejala yang harus diwaspadai agar motor tetap dalam kondisi prima, mengacu pada laman Honda Wahana.

1. Suara Mesin Kasar

Perubahan suara mesin yang terdengar lebih kasar dari biasanya adalah tanda awal motor bermasalah. Jika sudah seperti ini, jangan tunda untuk segera mengecek ke bengkel agar masalah tidak semakin parah.

2. Kurang Tenaga

Motor yang kehilangan tenaga atau terasa lemah biasanya menandakan masalah pada pelumasan mesin. Oli yang kurang akan mengakibatkan komponen seperti seher atau ring seher bekerja tidak optimal, membuat mesin kehabisan tenaga.

3. Sulit Dihidupkan

Motor yang susah dinyalakan bisa jadi akibat oli yang merembes ke ruang pembakaran dan membasahi busi. Hal ini menyebabkan pengapian tidak maksimal, sehingga motor sulit hidup dan berisiko merusak komponen lainnya.

4. Asap Putih dari Knalpot

Jika knalpot motor mengeluarkan asap putih, itu adalah tanda kebocoran di mesin. Biasanya, hal ini terjadi karena oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Kondisi ini membutuhkan penanganan segera dengan servis besar di bengkel.

Jangan abaikan gejala-gejala ini. Segera bawa motor ke bengkel terpercaya sebelum kerusakan semakin parah. Demikian ulasan 4 Gejala Motor Harus Turun Mesin. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Pentingnya Mengganti Oli Gardan pada Motor Matic, Ini Dampaknya Lalai

Bocoran Hyundai Santa Fe Hybrid 2025 Diungkap Pabrikan, Ini Kisaran Harganya!

Double Cabin Listrik Maxus eTerron 9 Dengan Bodi Lebih Besar Dari Hilux