5 Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor Dengan Aman, Jangan Panik!

Cara memancing aki mobil yang tekor

Berikut ulasan cara memancing aki mobil yang tekor dengan aman. Dimana salah satu dalam tahapan caranya adalah dengan mematikan mesin mobil.

Saat mengalami aki mobil yang tekor atau soak, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah memancingnya kembali agar dapat digunakan. Proses ini dikenal dengan istilah ‘jumper aki mobil,’ di mana aki mobil yang tekor menerima arus listrik dari aki mobil lain yang masih berfungsi dengan baik.

Biasanya jumper aki mobil hanya memerlukan sepasang kabel jumper untuk melakukan proses ini. Penting untuk memastikan kabel jumper, baik kabel positif maupun kabel negatif, dalam kondisi baik, tanpa karat, dan terhubung dengan kuat sebelum mulai mengalirkan listrik.

Berikut cara dan langkah memancing aki mobil yang tekor dengan benar dan aman:

1. Parkir Mobil Secara Berhadapan

Cara memancing aki mobil yang tekor pertama adalah dengan memarkir mobil secara berhadapan dengan mobil yang akan memancing aki mobil yang tekor. Hal ini berguna agar tidak perlu menggunakan kabel jumper yang panjang.

Oh ya, hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah posisi mesin meobil harus mati dan posisi transisi ada di ‘P’ atau joka mobil manual, rem tangan harus diaktifkan.

2. Cabut Semua Perangkat Elektronik Yang Sedang di Charge

Langkah selanjutnya adalah dengan mencabut semua perangkat elektronik yang sedang dicharge di mobil. Ini penting untuk dilakukan untuk mengihindari gangguan aliran listrik serta demi keamanan perangkat elektronik tersebut.

3. Pasang Kabel Jumper

Cara memancing aki mobil yang tekor dengan aman selanjutnya adalah pasang kabel jumper sesuai kutubnya. Sambungkan kabel berwarna merah (kabel positif) ke terminal positif (+) dari kedua aki, kemudian pasang kabel berwarna hitam (kabel negatif) ke terminal negatif (-).

Pastikan koneksi kabel kuat dan aman untuk menghindari arus listrik yang tidak stabil dan potensi korsleting.

4. Hidupkan Mesin Mobil Pendonor

Setelah kabel terpasang dengan benar, hidupkan mesin mobil pendonor. Biarkan mesin mobil menyala selama beberapa saat agar arus listrik aki mengalir ke aki yang tekor. Jika aki yang tekor sangat kosong, proses pengisian akan memakan waktu lebih lama. Setelah beberapa saat, cobalah menghidupkan mesin mobil yang akinya bermasalah.

5. Lepaskan Kabel Jumper

Selanjutnya, jika mesin mobil berhasil menyala, lepaskan kabel jumper secara hati-hati dengan urutan yang berlawanan, yaitu melepaskan kabel hitam (negatif) terlebih dahulu, lalu diikuti dengan melepaskan kabel merah (positif). Pastikan semua kabel dilepas dengan aman untuk menghindari korsleting.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Double Cabin Listrik Maxus eTerron 9 Dengan Bodi Lebih Besar Dari Hilux

BMW Individual Two-Tone Finish, Bisa Kustom Warna Seri 7 Sesuai Selera

Motor Listrik Honda Akan Tugas di MotoGP Mandalika