Inilah 5 Komponen Mobil Saat Road Trip Yang Harus Di Cek

Selama masa liburan anak sekolah, banyak masyarakat yang memilih untuk berlibur dan melakukan road trip bersama dengan keluarga menggunakan mobil.

Namun, saat akan melakukan perjalanan tersebut ada beberapa aspek dari komponen mobil yang wajib diperhatikan untuk memastikan keadaannya tetap selalu prima dan sehat.

5 Komponen Mobil Yang Harus di Cek Saat Road Trip

Berikut adalah beberapa komponennya:

Oli Mesin

Sebagai pelumas untuk berbagai komponen penting di dalam mesin, volume oli perlu diperiksa agar tetap sesuai dengan batas minimal yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, kualitas oli juga perlu di-cek karena oli yang kotor akan merusak mesin dan menyebabkan kerusakan serius jika dibiarkan

Aki Mobil

Perjalanan jauh pasti akan membebani aki mobil, baik itu dari penggunaan elektronik lampu, radio dan lain sebagainya. Sumber energi listrik bagi mobil juga perlu dirawat dan diperhatikan kondisinya. Volume cairan aki harus mencukupi dan kondisinya harus baik.

Ban

Banyak orang yang masih abai dengan keadaan ban yang sangat berkaitan erat dengan keselamatan berkendara. Periksa permukaan dan tekanan ban setelah atau saat melakukan perjalanan jarak jauh. Pastikan tidak ada benjolan, penipisan ataupun benda tajam yang menancap pada permukaannya.

Saringan Udara

Pastikan untuk memeriksa dan membersihkan saringan udara jika diperlukan. Saringan udara yang bersih akan memberikan performa mesin yang baik dan meningkatkan efisiensi dari penggunaan bahan bakar.

Filter Bahan Bakar

Berguna untuk menyaring kotoran dan partikel kecil, filter bahan bakar juga perlu diperhatikan kondisinya. Filter yang sudah kotor dapat menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi mobil. Bersihkan filter setelah berkala untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

Demikian beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk merawat kendaraan anda agar tetap prima. Jika ragu, segera kunjungi bengkel terpercaya dan periksakan kendaraan anda dengan mekanik yang sudah berpengalaman. Niscaya, kendaraan akan kembali prima setelah melakukan perjalanan yang jauh.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Melawan, Ini Proyeksi Honda e:N1 Dijual di Indonesia

Harga AION ES Beneran Gak Sampai Rp 400 Juta, Pilihan Menarik Segmen Sedan Listrik!

4 Kelebihan Mazda CX-60 Pro di GIIAS 2024, Lebih Murah Rp 300 Juta Dibanding Saudaranya