Arti Plat Nomor SCV1 yang Dipakai Mobil Innova Zenix Paus Fransiskus

Kira-kira apa ya arti Plat nomor SCV1 yang digunakan oleh mobil Paus Fransiskus? “SCV” adalah singkatan dari “Status Civitatis Vaticanae”, yang dalam bahasa Latin berarti Negara Kota Vatikan.

Sementara itu, angka “1” menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah milik Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan kepala negara Vatikan.

Dengan demikian, SCV1 menandakan bahwa mobil tersebut secara resmi digunakan oleh Paus Fransiskus selama kunjungan apostolik atau perjalanan resmi lainnya, baik di dalam Vatikan maupun di luar negeri.

Pada kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024, beliau akan menggunakan dua kendaraan yang siap menarik perhatian publik. Pertama, Paus memilih Toyota Innova Zenix, sebuah kendaraan yang sangat populer di Indonesia.

Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Agung Jakarta, mengonfirmasi hal ini dengan menyatakan bahwa Paus memilih mobil yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. “Mobil ini sebagai simbol kesederhanaan dan kedekatan dengan umat,” kata Ignatius.

Toyota Innova Zenix Hybrid, yang dipilih Paus, adalah kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi hybrid, yang juga sejalan dengan komitmen Paus Fransiskus terhadap perlindungan alam dan keberlanjutan. Kendaraan ini dikenal tangguh dan sering digunakan sebagai mobil keluarga di Indonesia.

Popepmobile Buatan Pindad

Popemobile ini berbasis pada kendaraan Pindad Maung MV3, yang dimodifikasi untuk keperluan Paus dengan atap terbuka sehingga memungkinkan Paus menyapa umat dengan aman.

Selain Toyota Innova, Paus Fransiskus juga akan menggunakan Popemobile yang dibuat khusus oleh Pindad. Popemobile ini berbasis pada kendaraan Pindad Maung MV3, yang dimodifikasi untuk keperluan Paus dengan atap terbuka sehingga memungkinkan Paus menyapa umat dengan aman.

Kendaraan ini akan digunakan saat Paus memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), dengan plat nomor SCV1 yang melambangkan perwakilan Vatikan.

Selain dua kendaraan tersebut, Paus Fransiskus juga pernah mendapat tawaran beberapa mobil ramah lingkungan. Salah satunya adalah Fisker Ocean, sebuah SUV listrik yang diproduksi oleh perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Fisker Automotive.

Henrik Fisker, pendiri perusahaan, mengungkapkan bahwa mobil ini dirancang dengan bahan-bahan daur ulang dan berfokus pada keberlanjutan. Meskipun belum dikonfirmasi secara resmi apakah Paus akan menggunakan Fisker Ocean selama kunjungannya ke Indonesia, tawaran ini memperkuat komitmen Paus terhadap pelestarian lingkungan.

Demikian ulasan Arti Plat Nomor SCV1. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

2 Varian dan Harga Neta X Akan Rilis Minggu Depan, Lebih Murah Dari Pre-book di GIIAS 2024?

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia