Auto2000 Sediakan Uji Emisi untuk Perpanjangan STNK

Auto2000 Sediakan Uji Emisi untuk Perpanjangan STNK. Hal ini karena sekarang pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempertimbangkan untuk memperketat aturan uji emisi kendaraan pribadi sebagai syarat perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kebijakan ini direncanakan untuk meningkatkan kualitas udara di ibu kota. Uji emisi gas buang diwajibkan minimal sekali dalam setahun di tempat yang ditunjuk, dan dilakukan oleh teknisi yang berlisensi. Kendaraan yang menjadi target uji emisi adalah mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor.

Uji emisi adalah proses pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk menilai efisiensi dan performa mesin. Pada kendaraan berbahan bakar bensin, uji emisi berfokus pada pengukuran kadar Hidrokarbon (HC) dan Karbon Monoksida (CO) yang tinggi dapat mengindikasikan pembakaran yang tidak sempurna.

Sedangkan pada kendaraan diesel, uji emisi menilai tingkat kepekatan atau opasitas gas buang yang bisa menandakan masalah pada mesin.

Chief Marketing Auto2000, Yagimin, menyatakan bahwa Auto2000 telah mengintegrasikan uji emisi sebagai bagian dari layanan servis berkala di seluruh bengkel Auto2000 di Indonesia.

“Kami tidak mengenakan biaya tambahan untuk uji emisi saat servis berkala. Jika kendaraan tidak lulus uji emisi, kami akan memberikan rekomendasi perbaikan sesuai kondisi mesin,” ujar Yagimin pada Senin (30/8/2024).

Auto2000 Sediakan Uji Emisi untuk Perpanjangan STNK

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan uji emisi secara mandiri di bengkel Auto2000 tanpa harus menunggu waktu servis berkala, terutama jika masa berlaku sertifikat lulus uji emisi telah habis dan diperlukan untuk perpanjangan STNK.

Auto2000 menetapkan biaya uji emisi mandiri sekitar Rp 163.000 di wilayah Jakarta, dengan catatan harga dapat berubah sesuai ketentuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan faktor lainnya.

Proses uji emisi di Auto2000 relatif cepat dan efisien, termasuk dalam hal memasukkan data hasil uji ke sistem pemerintah yang terkait. Apabila hasil uji menunjukkan kendaraan tidak lulus, pelanggan akan menerima saran perbaikan dari Service Advisor, namun biaya jasa dan suku cadang menjadi tanggung jawab pelanggan.

“Auto2000 sebagai bagian dari Astra mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam upaya menurunkan tingkat polusi udara. Kami menyediakan layanan uji emisi untuk semua mobil Toyota, tanpa memandang usia kendaraan.” tutup Yagimin.

Demikian ulasan Auto2000 Sediakan Uji Emisi untuk Perpanjangan STNK. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Toyota Starlet Akan Dihidupkan Kembali Tanpa Bantuan Suzuki

Wajah BYD M6 Jadi Taksi Online GrabCar, Siap-siap Versi Faceliftnya!

Tips Menjaga Tangki BBM Dari Karat