Bedah Mercedes-Benz Bus 0500 RSD 2445 Pertama di Indonesia Pakai ADAS

Bedah Mercedes-Benz Bus 0500 RSD 2445 Pertama di Indonesia Pakai ADAS

Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menghadirkan Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 pertama di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung bus ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan pintar ADAS.

Mercedes-Benz Bus 0500 RSD 2445 merupakan sasis bus premium 3 gandar yang kali ini dihadirkan dalam balutan body Double-decker SDD Jetbus 5 besutan Karoseri Adiputro.

Kehadiran bus ini menandai posisi Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang menerima sasis bus dengan fitur keselamatan terbaru dalam menjamin keselamatan, yaitu fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Spesifikasi Mercedes-Benz Bus 0500 RSD 2445

Seri ini merupakan tipe sasis premium

Nama O500 yang disematkan menunjukkan bahwa seri ini merupakan tipe sasis premium yang diproduksi di Brazil.

Dibekali mesin OM 460 LA 6 silinder, bus ini memiliki tenaga mesin sebesar 449 hp / 1,800 rpm, dengan daya angkut 24 ton sesuai angka penamaannya.

Hadirnya Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 dengan spesifikasi tersebut serta dibekali fitur ADAS terbaru merupakan bukti komitmen DCVI dalam menjaga keamanan serta keselamatan penggunanya.

Area penumpang First class dilengkapi captain seat di dek bawah

Teknologi keselamatan terbaru hadir melalui adanya fitur Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5 yang dapat mengantisipasi jarak kendaraan di depan dan keamanan pengereman.

Ada pula Lane Departure Warning System (LDWS) yang berfungsi memastikan posisi kendaraan di jalan. Tambahan fitur LDWS membuat pengemudi mendapatkan alarm getar di kursi apabila bus melewati batas marka jalan, dan fitur ini akan aktif secara otomatis ketika bus berkendara di atas 60 km/jam.

Fitur lain tentu saja ESP (Electronic Stability Program), yang membantu pengemudi menjaga kestabilan kendaraan dalam kondisi normal. Apabila terjadi situasi bus berjalan tidak stabil maka sistem akan secara otomatis mengurangi tenaga untuk mengembalikan stabilitas kendaraan.

Penumpang Kursi-eksekutif dan kursi kompartemen di dek atas

Karoseri PT Adiputro Wirasejati yang membangun body sasis Mercedes-Benz Bus O500RSD 2445 pertama di Indonesia mengaku sangat bangga dan tertantang.

Adiputro membangun sasis 2445 selama 4 bulan, dan dalam prosesnya terus mengikuti arahan Body Building Directive secara detail dari pihak DCVI.

“Ada beberapa hal baru yang menarik bagi kami ketika proses membangun bodi, seperti hadirnya sensor depan untuk fitur terbaru ADAS dalam mendeteksi jalur pengendara di jalanan. Lalu khusus untuk O500 RSD 2445 ini, kami juga memberikan sesuatu yang spesial, yaitu untuk pertama kalinya menghadirkan first-class captain seat layaknya business-class pesawat,” kata Jesse Jethrokusumo selaku Direktur PT Adiputro Wirasejati.

Sasis baru ini didesain secara premium oleh Adiputro dan berkapasitas penumpang total 36, dengan kombinasi kursi eksekutif dan kursi kompartemen di dek atas, serta first-class 4 captain-seat dan 2 sleeper-seat di dek bawah.

Area premium oleh Adiputro dan berkapasitas penumpang total 36

Sebagai sasis pertama di Asia, PO Garuda Mas Putera Esa merasa bangga sebagai konsumen pertama di Indonesia yang menerima bus Mercedes-Benz O500 RSD 2445 tersebut.

Garuda Mas telah menggunakan bus tronton mercedes-benz yakni OC500RF 2542 sejak tahun 2016, dan saat ini mengoperasikan 28 unit bus Mercedes-Benz termasuk dengan Mercedes-Benz OH 1626.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari