Bisakah Motor Listrik Dicuci Steam ?

Bisakah motor listrik dicuci steam? Yups pamor motor listrik yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia tentu berdampak baik baik efisiensi BBM dan kesadaran akan ramah lingkungan.

Namun, banyak yang masih belum memiliki pengetahun perihal perawatan motor listrik. Termasuk saat mencuci motor listrik dengan air bertekanan atau kita kenal dengan sebagai cuci steam.

Cuci steam yang umumnya menggunakan alat kompresor atau alat steam bertekanan tinggi yang praktis menghalau kotoran yang melekat di motor dengan mudah. Namun ada perhatian khusus saat motor listrik dicuci steam.

Saat cuci steam motor listrik pastikan soket charger ditutup rapat

Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, mengatakan bahwa pada dasarnya mencuci motor listrik sama saja seperti motor konvensional. “Bisa langsung dicuci, kena semprot bagian baterai atau motor listrik juga aman. Asalkan bukan disemprot ke soket charger, jadi ditutup saja soketnya,” kata Samadin.

Ia melanjutkan bahwa motor listrik saat ini, khususnya merek-merek Yadea, sudah aman terkena air, bahkan ketika dipakai melewati banjir. Namun, yang harus dipastikan adalah motor tetap berjalan dan tidak berhenti di tengah-tengah genangan air.

Tips Aman Motor Listrik Dicuci Steam

Meskipun mencuci motor listrik dengan steam diperbolehkan, motor listrik memerlukan perlakuan khusus saat dicuci menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Tujuannya adalah untuk menjaga komponen baterai dan sistem kelistrikannya tetap awet. Berikut adalah beberapa tips dari para ahli tentang cara mencuci motor listrik dengan aman.

1. Matikan Miniature Circuit Breaker (MCB)

Abraham Sutadusastra, SPV Product Specialist Alva, mengingatkan pentingnya mematikan Miniature Circuit Breaker (MCB) sebelum mencuci motor listrik. MCB berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dengan perangkat kelistrikan lain di motor. “Kalau mau cuci steam, matikan dulu MCB-nya. Kasih tahu ke orang yang akan cuci bahwa ini motor listrik,” kata Abraham.

2. Jarak Aman Saat Menyemprot

Alva Cervo dan deret motor Alva lainnya dapat promo spesial di IIMS Surabaya 2024

Abraham juga menyarankan untuk menjaga jarak semprotan air antara 60 cm sampai 1 meter dari motor listrik. Hal ini untuk mencegah air bertekanan tinggi merusak komponen yang sensitif.

3. Pastikan Motor Tetap Kering

Setelah mencuci, pastikan motor listrik benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan bagian yang terkena air dan biarkan motor di tempat yang teduh untuk memastikan semua bagian benar-benar kering.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mencuci motor listrik dengan aman dan menjaga performanya tetap optimal. Pastikan selalu berhati-hati dan memperhatikan komponen yang sensitif terhadap air agar motor listrik Anda tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Toyota Memperluas Jaringan Charging Station Kini Masuk Mal Gandaria City

Gebyar Promo Wuling di HUT Ke-7, Ini Dia Yang Paling Menarik!

2 Diler Haka Auto Gaspol Jualan Mobil BYD