Bocoran BYD Denza D9 Rilis di Indonesia Desember 2024, Inikah Alphard Killer?

Kali ini Moladin akan membahas soal Bocoran BYD Denza D9. BYD, produsen mobil listrik asal Tiongkok, tengah mempersiapkan gebrakan besar di pasar otomotif Indonesia.

Setelah sukses memasarkan beberapa model, BYD dikabarkan akan meluncurkan model baru yang menyasar segmen entry-level dan premium pada tahun ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah kemungkinan hadirnya Denza D9, MPV listrik premium yang digadang-gadang sebagai pesaing langsung Toyota Alphard.

Sejauh ini, BYD telah meluncurkan empat model di Indonesia: Dolphin, Atto 3, Seal, dan M6. Namun, BYD tidak berhenti di situ. Menurut Luther Panjaitan, Head of PR and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, perusahaan sedang mempersiapkan model baru yang akan melengkapi jajaran produk mereka di Indonesia.

“Tahun ini memang kita ada merencanakan produk yang mungkin bisa masuk ke pasar Indonesia,” kata Luther kepada wartawan beberapa waktu lalu. Ia juga menjelaskan bahwa BYD ingin mengisi kekosongan di segmen premium dan entry-level.

“Kita masih punya ruang untuk pengembangan ke premium dan juga mungkin ke entry-level. Nah itu kita mungkin bisa memanfaatkan atau berdasarkan movement dari market,” tambahnya.

Salah satu model yang diisukan akan diluncurkan adalah Denza D9, MPV listrik premium yang telah dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Denza D9 menarik perhatian pengunjung berkat desain mewah dan fitur yang dihadirkan, membuatnya disebut-sebut sebagai “Alphard Killer”.

Lebih Dahulu Hadir di Hongkong

Luther mengungkapkan bahwa Denza D9 sudah diluncurkan di Hong Kong dengan konfigurasi setir kanan, yang membuatnya lebih mudah untuk dibawa masuk ke pasar Indonesia. “Kita sudah launching Denza di Hong Kong artinya sudah setir kanan. Kan kebanyakan kendala itu soal setir. Artinya kalau cuma buat membawa ke Indonesia mah masalah gampang,” jelasnya.

Meski demikian, Luther menyebutkan bahwa BYD masih melakukan riset terkait pasar Indonesia sebelum benar-benar meluncurkan Denza D9. Ada dua hal utama yang menjadi perhatian, yaitu keberlanjutan pasar premium dan kepastian suplai yang stabil.

“Tapi kita perlu konsolidasi sustainabilty marketnya karena itu market premium. Kedua, secara suplai juga kita harus pastikan supaya costumer jangan nanti kalau kita bawa dia kecewa,” tutur Luther.

Jika benar BYD meluncurkan Denza D9, mobil ini bisa menjadi alternatif menarik di segmen MPV premium, terutama dengan semakin berkembangnya pasar kendaraan listrik di Indonesia.

Kehadirannya akan memberikan pilihan baru bagi konsumen yang selama ini mengandalkan Toyota Alphard di kelas MPV premium. Ditambah lagi, dengan berbagai keunggulan teknologi dan desain futuristik khas BYD, Denza D9 berpotensi mengubah peta persaingan di segmen tersebut.

Sampai saat ini, BYD masih menutup rapat detail peluncuran model ini. Namun, besar kemungkinan peluncuran tersebut akan dilakukan pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) akhir November hingga awal Desember 2024.

Demikian ulasan Bocoran BYD Denza D9. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Nissan Silvia S14 Dimodif Gado-godo Tapi Unik

IBID Ekspansi Bisnis Dari Lelang Kendaraan ke Produk Lifestyle

New Toyota Fortuner 2.8 GR 4×4 Pakai Aksesori OEM Jadi Ganteng Begini