Bos Pabrikan Mobil VinFast Curhat Uangnya Habis Untuk Bangun Perusahaan

Ketika ditanya soal finansial jangka panjang pabrikan mobil VinFast, Pham Nhat Vuong, CEO VinFast dan Chairman Vingroup, memberikan pernyataan yang bikin terkejut banyak orang.

“Sampai uang saya habis,” kata Vuong dalam satu wawancara di kantor pusat Vingroup di Hanoi, Vietnam.

Alih-alih pamer kesuksesan, Vuong malah jujur kalau ia benar-benar mengorbankan hartanya demi membangun VinFast jadi perusahaan mobil listrik Vietnam yang besar dan sekarang tengah naik daun.

Vuong tidak hanya melihat VinFast sebagai bisnis biasa, tapi sebagai “proyek pengabdian.” Misi jangka panjangnya ialah membangun masa depan lebih hijau lewat kendaraan listrik. Dan ini bukan sekadar omong kosong, Vuong berhasil membuat VinFast jadi salah satu pemain besar di pasar otomotif global.

Dalam kurun waktu singkat, VinFast nggak cuma jual mobil listrik, tapi juga motor, sepeda, bahkan bus listrik. Selain itu, mereka juga punya jaringan stasiun pengisian daya yang luas di negaranya.

Tapi jangan salah kira, perjalanan VinFast nggak gampang. Tantangannya besar, tapi Vuong nggak gentar. Dengan kekayaan sekitar $5,3 miliar, Vuong percaya diri bahwa VinFast bisa mandiri secara finansial dalam waktu dekat. “VinFast bakal segera break-even dan berdiri di atas kaki sendiri,” katanya dikutip dari keterangan resmi VinFast Indonesia 10 Oktober 2024.

Vuong bahkan nggak khawatir soal penjualan kendaraan listrik. Menurut dia, tren ini nggak bakal bisa dihentikan. “Kendaraan listrik adalah masa depan,” katanya optimisi.

VinFast juga berani ambil langkah besar di Indonesia dengan meluncurkan dua model kendaraan listrik, VF 5 dan VF e34. Mereka juga membawa konsep berlangganan baterai, biar kepemilikan mobil listrik jadi lebih terjangkau.

Plus, mereka kasih garansi yang panjang untuk bodi dan baterai mobil, sampai 10 tahun. Langkah strategis lainnya adalah membuka 15 dealer baru di berbagai kota di Indonesia, dari Jakarta sampai Makassar.

Demikian ulasan Bos pabrikan mobil Vinfast curhat tentang pengabdian pada perusahaannya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Kia Resmikan Pabrik Baru Untuk Produksi Mobil Listrik, Kapasitas Produksi Tembus 150 Ribu Unit!

Pilihan Rute Alternatif Menuju GIIAS Semarang 2024

Rolls-Royce Ghost Series II Meluncur, Model V12 Tercanggih Sarat Teknologi