Tips Cara Atasi Rem Tangan Mobil Macet, Jangan Panik!

Cara atasi rem tangan mobil macet

Berikut akan kami ulas tips cara atasi rem tangan mobil macet. Dalam hal ini, jika pemilik mengalami hal tersebut diharapkan tidak usah panik.

Seperti yang diketahui, rem tangan atau handbrake merupakan komponen esensial dalam sebuah mobil. Tanpa komponen ini, sistem pengereman kendaraan sebuah mobil tentu tidak akan optimal. Namun, jika rem tangan tiba-tiba macet, jangan panik. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah perbaikan untuk mengatasinya seperti berikut ini:

Cara Atasi Rem Tangan Mobil Macet

  • Tarik Rem Tangan Secara Perlahan

Tips cara atasi rem tangan mobil macet yang pertama adalah tarik rem tangan secara perlahan. Setelah itu, lepaskan ketika sudah berada di posisi yang tepat. Hindari tarikan yang mendadak atau terlalu kuat, karena ini bisa menyebabkan tekanan tambahan pada mekanisme rem.

  • Lepaskan Tuas Rem

Cara atasi rem tangan mobil macet selanjutnya yaitu dengan melepaskan tuas rem tangan sambil menyalakan mesin mobil. Cobalah untuk mendorong mobil sedikit ke depan atau belakang sampai kendaraan terasa lebih ringan saat bergerak. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi handbrake yang macet akibat lengketnya kampas rem. 

  • Pakai Pelumas Khusus

Menggunakan pelumas khusus adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi rem tangan yang macet. Pelumas dapat membantu melonggarkan mekanisme rem dan memastikan pergerakannya menjadi lancar. 

Kamu bisa menggunakan pelumas rem atau WD-40 pada mekanisme rem dan kabelnya. Hal ini akan membantu mengurangi gesekan dan mempermudah pergerakan rem tangan kendaraan.

  • Bersihkan Kampas Rem

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan membersihkan kampas rem. Jika kondisi kampas rem mobil tidak memungkinkan lagi, sebaiknya ganti komponen tersebut agar sistem pengereman mampu bekerja optimal. 

Dengan kata lain, pemilik mobil perlu melakukan perawatan rutin untuk mengetahui kondisi kampas rem kendaraan. Dengan melakukan pemeriksaan dan pembersihan rutin.

Penyebab Rem Tangan Mobil Macet

Setelah mengetahui tips cara atasi rem tangan mobil macet, selanjutnya akan kita ulas beberapa penyebabnya. Diantaranya adalah:

  • Rem Tangan Ditarik Terlalu Kuat

Penyebab pertama rem tangan mobil macet adalah menarik rem tangan terlalu kuat hingga melebihi batas gerigi di dalamnya. Hal ini dapat mengakibatkan rem tangan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Terlalu Lama Menggunakan Rem Tangan Mobil

Penggunaan rem tangan terlalu lama juga menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini terutama jika terjadi pada area yang memiliki genangan air atau saat banjir. 

Pada dasarnya, rem tangan bekerja untuk mengunci roda mobil dengan menggunakan kampas rem tromol belakang. Jika rem terkena air, kinerja kampas bisa saja terganggu karena lengket dan berkarat. Inilah yang menjadi penyebab kerusakan pada rem tangan.

  • Ada Karat Pada Kabel

Seiring berjalannya waktu, kabel bisa mengalami korosi yang tentunya akan menghambat pergerakan kabel dan mekanisme rem. Hal ini sering terjadi akibat paparan cuaca ekstrem ataupun kelembaban yang menyebabkan kabel berkarat dan sulit untuk bergerak dengan lancar.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia

4 Gejala Motor Harus Turun Mesin, Kenali Sebelum Terlambat