Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Mudah dan Ringkas

Bagaimana cara membersihkan air purifier mobil? Hal ini penting sebab menilik laporan IQAir, kualitas udara di Indonesia merupakan salah satu yang terburuk di Asia Tenggara.

Di era industri otomotif modern seperti saat ini, hampir semua brand mobil sudah menghadirkan fitur eksklusif air purifier, termasuk pada Hyundai CRETA.

Air purifier berguna untuk menjaga kualitas udara dalam kabin dari polusi, khususnya bagi pengguna mobil yang memiliki alergi atau asma.

5 Cara Membersihkan Air Purifier Mobil

Menurut keterangan resmi Hyundai, air purifier berfungsi seperti pembersih udara rumahan, namun dirancang lebih ringkas. “Pada CRETA terletak di bagian tengah kabin, tepatnya di samping kursi pengemudi, fitur ini dilengkapi dengan filter HEPA antibacterial untuk menyaring bakteri dan meningkatkan kualitas udara,” tulis Hyundai.

Selain itu, air purifier juga mengontrol tingkat kelembaban udara dalam kabin yang terpapar AC. Karena fungsinya menyaring debu dan kotoran, air purifier perlu dibersihkan secara berkala. Filter yang kotor harus diganti untuk mencegah malfungsi.

Berikut adalah cara mengganti filter air purifier :

  1. Pastikan mesin dan kelistrikan mobil dalam keadaan mati, serta jauh dari cairan atau uap air demi keselamatan.
  2. Buka filter air purifier di bagian armrest. Caranya adalah buka kunci penutup, lepaskan penutup filter, dan ambil filter dari kotaknya.
  3. Setelah filter dibuka, lakukan pembersihan filter di luar kabin mobil agar debu tidak beterbangan atau menempel di interior.
  4. Bersihkan debu yang menempel pada filter dengan kain kering atau vakum. Jangan gunakan cairan atau zat lain untuk mencegah kerusakan.
  5. Setelah selesai dibersihkan, susun kembali filter ke tempat semula.

Demikian ulasan Cara Membersihkan Air Purifier Mobil. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

2 Varian dan Harga Neta X Akan Rilis Minggu Depan, Lebih Murah Dari Pre-book di GIIAS 2024?

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia