Cara Mengerem di Tanjakan dengan Sepeda Motor Biar Lebih Aman

Kali ini Moladin akan membahas soal cara mengerem di tanjakan yang aman dan nyaman menggunakan sepeda motor. Mengendarai sepeda motor di jalan menanjak memerlukan teknik khusus, terutama jika memakai motor matic.

Berbeda dengan motor manual yang bisa memanfaatkan gigi rendah untuk menanjak dan engine brake saat turun, motor matic memiliki keterbatasan dalam hal ini.

4 Tips Cara Mengerem di Tanjakan

Karena itu, penting untuk tahu cara mengerem di tanjakan agar tetap aman dan nyaman. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menjaga Kecepatan Ideal di Tanjakan

Mengacu laman resmi Honda Wahana dikutip 9 September 2024, disebutkan kunci utama berkendara di tanjakan adalah menjaga kecepatan yang stabil.

Sebelum memasuki tanjakan, pastikan kamu sudah punya momentum yang cukup. Jaga jarak dengan kendaraan di depan agar ada ruang yang cukup untuk akselerasi. Hindari pengereman mendadak, terutama di tanjakan curam atau berkelok.

Saat menghadapi tanjakan dengan tikungan tajam, pilih jalur yang lebih landai dan kurangi penggunaan rem. Sebaliknya, lakukan deselerasi dengan menutup gas secara perlahan agar motor tetap stabil.

2. Hindari Akselerasi Agresif

Laman tersebut juga mengatakan jika mengendarai motor matic dengan membuka-tutup gas secara agresif di tanjakan bisa membuat mesin cepat panas (overheat). Kondisi ini tidak hanya membuat mesin bekerja lebih keras, tapi juga berpotensi merusak komponen motor.

Sebisa mungkin, pertahankan akselerasi yang stabil dan hindari perubahan kecepatan tiba-tiba.

Pentingnya menjaga postur berkendara yang benar

3. Mengatur Postur Berkendara yang Tepat

Postur tubuh juga mempengaruhi kestabilan motor saat berkendara di tanjakan. Saat menghadapi tanjakan curam, condongkan tubuh ke depan agar beban lebih terpusat di roda depan.

Ini bertujuan untuk mencegah roda depan terangkat yang bisa menyebabkan hilangnya kendali.

4. Teknik Pengereman di Tanjakan

Ketika kamu berkendara di tanjakan dan perlu berhenti, gunakan rem belakang secara dominan. Rem belakang lebih efektif menahan laju motor di tanjakan tanpa membuat motor tergelincir. Gunakan rem depan dengan hati-hati untuk menjaga keseimbangan.

Jika kamu berada di jalan menurun, manfaatkan rem secara bertahap agar tidak selip atau kehilangan kontrol.

Demikian ulasan terkait cara mengerem di tanjakan dengan sepeda motor. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Double Cabin Listrik Maxus eTerron 9 Dengan Bodi Lebih Besar Dari Hilux

BMW Individual Two-Tone Finish, Bisa Kustom Warna Seri 7 Sesuai Selera

Motor Listrik Honda Akan Tugas di MotoGP Mandalika