Chery Tiggo 7 Sport Siap Meluncur, Desainnya Diduga Mirip Banget Range Rover

Sebelum membahas soal Chery Tiggo 7 Sport siap meluncur, perlu diketahui jika 10 tahun lalu adalah era kelam ketika pabrikan mobil Cina kerap meniru desain mobil-mobil Eropa dan Amerika secara membabi buta.

Namun akhirnya era tersebut berlalu seiring berjalannya waktu dan pabrikan Cina yang melesat dalam teknologi elektrifikasi justru sukses mengakuisisi sejumlah pabrikan mobil dari Eropa dan Amerika Serikat. Menguubah kiblat industri otomotif dunia menjadi lebih maju dan inovatif.

Namun, meski era tersebut mulai pudar, kemiripan desain produk China dengan merek-merek ternama kembali menjadi sorotan. Kali ini, perhatian tertuju pada Chery Tiggo 7 Sport yang diduga memiliki kemiripan mencolok dengan produk Range Rover dari Land Rover.

Media Tiongkok melaporkan bahwa Chery Tiggo 7 Sport akan diluncurkan pada bulan September 2024 dan sudah mulai terlihat di sejumlah diler. Desain fascia Tiggo 7 Sport adalah bagian paling mencolok menyerupai Land Rover, terutama pada grill mesh yang seakan terinspirasi dari SUV asal Inggris tersebut.

Desain air inlet, bumper, serta skid plate yang sempit semakin memperkuat kesan ini. Bahkan, lampu daytime running pada Tiggo 7 Sport cenderung menjiplak DRL LED Range Rover Evoque.

Bocoran Mesin Chery Tiggo 7 Sport Siap Meluncur

Sejumlah detil Chery Tiggo 7 Sport yang menyerupai desain mobil Range Rover Evoque

Meski menyandang nama Chery Tiggo 7, versi Sport ini tidak memiliki banyak kesamaan dengan model Tiggo 7 lain. Sebaliknya, desain mobil ini justry mendekati Chery Tansuo 06, yang dikenal di pasar internasional sebagai Jaecoo J7.

Informasi terbaru dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok menunjukkan bahwa Chery Tansuo 06 menawarkan desain depan yang serupa sebagai opsi untuk Tiggo 7 Sport.

Di sisi samping, kedua model ini juga memiliki kemiripan, seperti pada pegangan pintu tersembunyi dan roof rack. Namun, Tiggo 7 Sport lebih ditujukan untuk pengguna perkotaan, sementara Tansuo 06 lebih menonjolkan kesan petualangan di luar ruangan.

Meskipun Tiggo 7 Sport lebih berfokus pada penggunaan di perkotaan, mobil ini tetap dilengkapi dengan kompartemen penyimpanan yang dipasang di antara pilar C dan D di sisi kiri.

Bagian interior Tiggo 7 Sport hampir identik dengan Tansuo 06. Mobil ini dilengkapi dengan panel instrumen melayang, layar infotainment besar, drive selector yang kokoh, serta sistem pendingin udara through-type.

Meskipun spesifikasi lengkap mesin untuk Chery Tiggo 7 Sport belum diumumkan, mobil ini diperkirakan akan menggunakan mesin 1.6 T turbocharged yang sama dengan Tansuo 06.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 145 kW dan torsi hingga 290 Nm, dipadukan dengan transmisi dual-clutch tujuh percepatan. Harga Chery Tiggo 7 Sport diperkirakan berada di kisaran 100.000 yuan, atau sekitar Rp 219 juta.

Demikian ulasan Chery Tiggo 7 Sport. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

2 Varian dan Harga Neta X Akan Rilis Minggu Depan, Lebih Murah Dari Pre-book di GIIAS 2024?

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia