Citroen Janjikan Pabrik Mobil Listrik E-C3 Berlokasi di Purwakarta

Citroen Indonesia menunjuk Purwakarta sebagai pabrik mobil listrik Citroen E-C3 di Purwakarta. Meskipun belum ada kepastian kapan produksi akan dimulai, langkah ini menunjukkan komitmen Citroen dalam memperkuat lokalisasi produksi.

“Memang kami didorong untuk melakukan lokalisasi atau perakitan lokal. Kami bersama Stellantis sudah membicarakan dan mempersiapkan hal ini, bahkan sudah melakukan uji coba,” kata Tan Kim Piauw saat acara test drive Citroen E-C3 di Puncak pabrik mobil listrik E-C3.

Tan menambahkan bahwa beberapa unit sudah diuji coba perakitannya, namun belum mencapai tahap produksi massal. PT Indomobil National Distributor menargetkan perakitan Citroen E-C3 akan dimulai pada semester kedua 2024.

Kelebihan dan kekurangan Citroen E-C3 saat tes singkat ke Puncak

“Tim dari Stellantis dan kami (Citroen) sedang melakukan berbagai uji coba di pabrik. Dari hasil studi ini, baru bisa ditentukan apakah produksi massal bisa dimulai pada Juli, Agustus, atau September. Belum ada keputusan pasti,” tambahnya.

Untuk jumlah produksi, Tan Kim Piauw belum bisa memberikan angka pasti, tergantung pada kapasitas pabrik. “Kapasitas minimal pabrik National Assembler itu 6.000 unit per tahun, artinya kami tidak perlu menambah alat atau line, dan bisa mencapai target dengan satu shift,” jelasnya.

Sudah Serah Terima Unit

Citroen Indonesia terus tingkatkan perluasan jaringan diler

Citroen E-C3 All Electric diperkenalkan pada Agustus 2023 di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), menunjukkan komitmen Citroen Indonesia untuk menghadirkan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) yang terjangkau.

Pada 3 Mei 2024, BKPM memberikan persetujuan resmi untuk Citroen Indonesia ikut serta dalam Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Hal ini menjadikannya merek mobil pertama di Indonesia yang memperoleh persetujuan tersebut dengan fasilitas impor CBU.

Sejak pertengahan Juni 2024, sebanyak 50 unit Citroen E-C3 telah diserahterimakan kepada pelanggan, termasuk kepada PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, serta konsumen di wilayah Jawa Tengah pada 1 Juli 2024.

Demikian ulasan terkait Pabrik Mobil Listrik E-C3 . Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

4 Langkah Penting Supaya Airbag Bekerja Maksimal

Ternyata Begini Cara Kerja Airbag di Mobil, Dari Diam Sampai Mengembang

AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding, Ini Dia Juaranya