Selamat HUT ke-74 Bhayangkara 2024, Ini Deret Mobil Ekstrem Polri Salah Satunya “Raisa”

Mobil ekstrim milik Polri

Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara 2024. Berikut kami ulas mengenai deret mobil ekstrem Polri yang digunakan untuk tugas di lapangan dan salah satunya diberi nama “Raisa”.

Perayaan HUT Bhayangkara tahun ini dipusatkan di lapangan Monas, Jakarta Pusat. Terlihat beberapa mobil ekstrem milik Polri hadir lengkap dengan personil yang mengoperasikannya.

Selain sebagai display saat acara berlangsung, mobil-mobil tersebut juga memiliki fungsi masing-masing yang digunakan untuk pengamanan acara juga tentu untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

Berikut beberapa deret mobil ekstrem Polri tersebut

1. Raisa

Mobil ekstrem bernama Raisa ini memang tidak ada hubungannya dengan penyanyi cantik Tanah Air bersuara merdu, Raisa. Raisa adalah kependekan dari Mobil Pengurai Massa. Mobil ini memakai pakai basis double cabin dari Toyota Hilux.

Mobil taktis ini sudah dilengkapi alat pengeras suara dengan kekuatan listrik 1.000 watt. Suara yang dihasilkan dapat menjadikan orang yang mendengarnya merasakan mual-mual.

Selain itu, mobil taktis “Raisa” juga dilengkapi dengan kamera video dan alat komunikasi untuk mendukung operasional petugas Kepolisian di lapangan. Lebih spesifik, “Raisa” ada di bawah naungan Kabarhakam (Badan pemeliharaan keamanan).

2. Wolf

Deret mobil ekstrem Polri selanjutnya ialah Wolf dari divisi Brigade Mobil (Brimob). Mobil taktis ini tergolong mobil APC (Armoured Personal Carrier) yang menjadi kendaraan taktis lapis baja berbobot 4.8 ton.

Wolf didukung kapasitas mesin 4.500 cc dan mampu melaju hingga 200 km/jam. Tangki bahan bakarnya dapat menampung 93 liter solar. Mobil ini juga dilengkapi kaca anti peluru dengan ketebalan 4 mm.

Meskipun dimensinya tidak terlalu bongsor, mobil ini sanggup menampung 2 awak personel dan 8 penumpang. APC Wolf pada umumnya digunakan untuk patroli keamanan, kontra terorisme, dan juga pengawalan VIP.

3. Jibom

Seperti nama akronimnya, kendaraan taktis ini bernama Jibom ini memiliki tugas khusus untuk keperluan mengangkut personil penjinak bom dari Gegana. Mobil Jibom juga dilengkapi dengan peralatan komunikasi serta penjinak bom.

Tak hanya itu saja, mobil JIbom juga dilengkapi dengan tong yang terletak di belakang untuk mengevakuasi barang atau benda yang diduga bom.

4. Mobil Dapur lapangan

Deret mobil ekstrem Polri selanjutnya ada kendaraan khusus untuk dapur lapangan. Mobil dengan wujud mirip food truck ini memang dilengkapi dengan peralatan memasak.

Mobil ini berfungsi untuk menyuplai makanan ketika anggota melakukan pelatihan ke luar daerah. Pada area kabin Mobil Dapur Lapangan ini dilengkapi sederet peralatan memasak lengkap. Mobil ini juga mendukung kegiatan penanggulangan pasca bencana, khususnya dalam kebutuhan masak-memasak di posko pengungsian.

5. Water Cannon

Mobil ekstrim milik Polri berikutnya ada water cannon. Mobil taktis ini digunakan Polri untuk membuat massa pengunjuk rasa bubar dengan semburan air bertekanan tinggi.

Hal itu diterapkan saat situasi sudah tidak kondusif atau massa sudah melakukan pelanggaran ketentuan penyampaian pendapat di muka umum. Jarak semprotan airnya dapat menjangkau hingga 70 meter dengan daya tampung tangki air 6.500 liter. Mobil ini dikemudikan oleh 4 personel.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Bisakah Motor Listrik Dicuci Steam ?

Diler MG Andalan Puri Resmi Beroperasi, Maxus 9 Tidak Dipajang!

Modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin Dari Bogor Jadi Mobil Pemadam Kebakaran