HR-V dan WR-V Masih Moncer, Elektrifikasi Honda Justru Telat Datang di GIIAS 2024?

Elektrifikasi Honda telat datang memenuhi kebutuhan pasar ?

PT Honda Prospect Motor (HPM) boleh berbangga, 2 model SUV-nya yakni Honda WR-V dan Honda HR-V mencatat penjualan terbanyak di kelasnya masing-masing sepanjang semester pertama tahun 2024. Namun apakah model elektrifikasi Honda juga akan gemilang?

Seluruh model SUV Honda berkontribusi sebesar 46,4% terhadap penjualan Honda di semester pertama tahun ini yang tercatat sebanyak 23.986 unit.

Sepanjang semester pertama, Honda HR-V mencatat penjualan dengan total sebanyak 8.883 unit dan berkontribusi pada penjualan kelas Medium SUV nasional sebesar 37%. Sementara pada bulan Juni 2024, Honda HR-V mengalami kenaikan penjualan cukup oke dn dengan membukukan penjualan sebanyak 1.459 unit.

Penjualan Honda WR-V di April 2024 tembus 700-an unit

Lantas di periode Januari hingga Juni 2024, Honda WR-V mencatat penjualan dengan total sebanyak 7.088 unit atau berkontribusi pada penjualan kelas Small SUV nasional sebesar 42%. Sementara itu model SUV Honda lainnya yaitu Honda BR-V N7X Edition terjual dengan total sebanyak 6.113 unit serta All New Honda CR-V mencatat penjualan dengan total sebanyak 1.902 unit di semester pertama 2024.

Penjualan terbanyak Honda di periode Januari hingga Juni tahun ini masih dipimpin Honda Brio dengan total penjualan sebanyak 25.625 unit dan berkontribusi terhadap penjualan Honda sebesar 49,5%. Sementara itu, produk Honda lainnya mencatat penjualan dengan total sebanyak 2.070 unit.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan, “Penjualan model SUV Honda memberikan kontribusi yang signifikan pada semester pertama bersama dengan model favorit Honda Brio, meskipun secara umum pasar otomotif belum menunjukkan pertumbuhan yang positif. Kami berharap memasuki semester kedua pertumbuhan dapat kembali positif didukung oleh motor show dan berbagai program penjualan kami hadirkan.”

Elektrifikasi Honda Telat Datang di GIIAS 2024?

Honda e:N1 cikal bakal HR-V listrik

PT HPM dipastikan turut menyemarakkan GIIAS pada 18 – 28 Juli 2024 mendatang dengan tema booth “Dreams in Motion”. Di event tersebut Honda menghadirkan berbagai penawaran penjualan menarik, termasuk dengan suguhan kendaraan elektrifikasi.

Tema ‘Dreams in Motion’ diaplikasikan menjadi 15 display produk Honda yang terdiri dari Honda Brio, Honda WR-V, Honda BR-V, Honda City, Honda HR-V, Honda Civic, Honda CR-V dan Honda Accord.

Selain itu Honda juga akan menampilkan 5 produk eletrifikasi terbaru yang 3 diantaranya bisa ditebak-tebak karena cukup jelas siluetnya.

Model pertama diyakini adalah Honda e:N1 atau beken dikenal sebagai cikal-bakal HR-V Listrik. Selain Honda Prologue, ini adalah SUV full listrik lain yang sudah mulai produksi di Thailand.

HR-V listrik ini pakai motor elektrik di poros roda depan berkekuatan 201 hp dan torsi sebesar 310 Nm. Juga disokong baterai 68,8 kWh dan daya jelajah diklaim bisa sejauh 412 km.

Dua model Honda Stepwgn

Model selanjutnya ialah diproyeksi sebagai MPV pintu geser Honda Stepwgn yang generasi barunya sudah meluncur Januari 2022 lalu. Model ini terbagi dua tipe, Air (standar) dan Spada plus dukungan mesin hybrid e:HEV.

Model ketiga kami prediksi sebagai City Hatchback RS e:HEV. Model ini memang masih serupa City Hatchback saat ini namun dengan sedikit pembeda mulai lampu depan LED otomatis.

Selain mata yang cerah, wajah RS menampilkan gril depan hitam mengilap dan “alis”, jaring sarang lebah hitam, trim berpola karbon pada bibir depan, dan hiasan lampu kabut depan “bergigi” yang lebih sporty. Lampu kabut juga LED. Tentu saja, ada logo RS pada gril, dan emblem H berwarna biru untuk mobil hybrid.

Honda City Hatchback RS e-HEV

Meski kami rasa gempuran Honda ini agak terlambat, setidaknya mereka siap memberikan perlawanan bagi pabrikan Cina terkhusus ada kendaraan elektrifikasi.

Oh ya di GIIAS 2024, Honda juga akan memberikan pengalaman berbeda melalui aktivitas test drive, beragam aktivitas atraktif yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

2 Varian dan Harga Neta X Akan Rilis Minggu Depan, Lebih Murah Dari Pre-book di GIIAS 2024?

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia