Enam Tahun Setelah Kecelakaan Fatal, Uber Join Lagi RoboTaxi Jajaki Pakai Ioniq 5

Setelah Kecelakaan Fatal, Uber Join Lagi RoboTaxi Jajaki Pakai Ioniq 5

Uber dan Avride dijadwalkan untuk memulai layanan robotaxi di Dallas tahun depan. Yups ini adalah langkah maja sejak enam tahun setelah kecelakaan fatal, Uber join lagi RoboTaxi, kini pakai Ioniq 5.

Uber sudah dikenal sebagai salah satu raksasa aplikasi ride healing dan pelopor pengemudi otonom. Akan tetapi kecelakaan fatal pada tahun 2018 mengubah segalanya. Sebagai akibatnya, Uber menyerah dan menjual Advanced Technologies Group pada tahun 2020.

Meskipun Uber bukan satu-satunya perusahaan yang mengalami kemunduran dalam pengemudian otonom, perusahaan tersebut bersiap untuk mencobanya lagi.

Sebagai bagian dari “kemitraan strategis multitahun” dengan Avride, Uber dan Uber Eats akan kembali menggunakan kendaraan self-driving.

Upaya multicabang ini akan dimulai di Austin, Texas, tempat robot pengiriman yang memiliki lidar, kamera, dan sensor ultrasonik – akan turun ke trotoar untuk mengantarkan makanan bagi Uber Eats.

Uber Eats menggunakan robot pengiriman yang memiliki lidar, kamera, dan sensor ultrasonik – akan turun ke trotoar mengantarkan makanan bagi Uber Eats

Kendaraan listrik mungil ini dapat bertahan hingga 12 jam dan memiliki kompartemen penyimpanan yang cukup besar untuk menampung enam pizza berukuran 16 inci serta tiga botol berukuran 1,5 liter.

Setelah peluncuran di Austin dalam beberapa minggu mendatang, Uber akan membawa robot tersebut ke Dallas dan Jersey City, New Jersey akhir tahun ini.

Perusahaan tersebut mengatakan pelanggan di area yang memenuhi syarat mungkin akan diberikan pilihan untuk memesan makanan mereka melalui robot. Meskipun kemungkinan akan dimulai dengan lambat, CEO Avride Dmitry Polishchuk mengatakan ada rencana untuk “ratusan” robot Uber Eats pada tahun 2025.

Avride juga diproyeksi akan menggunakan Hyundai Ioniq 5 EV versi otonom

Tentu saja, kami lebih tertarik pada rencana robotaxi mereka yang pada akhirnya dapat menyaingi Cruise dan Waymo. Uber tidak banyak bicara dalam hal ini, tetapi menyatakan “kemitraan mobilitas mereka diharapkan akan diluncurkan untuk pengendara di Dallas akhir tahun depan.”

Namun Avride juga diproyeksi akan menggunakan Hyundai Ioniq 5 EV versi otonom. Kendaraan ini dilengkapi dengan empat sensor lidar, enam sensor radar, dan lebih dari selusin kamera.

Ioniq 5 EV diklaim jauh lebih menjanjikan untuk memberikan pandangan 360° untuk “beberapa ratus meter ke depan dalam berbagai kondisi” termasuk hujan dan salju.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Nissan Silvia S14 Dimodif Gado-godo Tapi Unik

IBID Ekspansi Bisnis Dari Lelang Kendaraan ke Produk Lifestyle

New Toyota Fortuner 2.8 GR 4×4 Pakai Aksesori OEM Jadi Ganteng Begini