Hitung-hitugan Beli Mobil Listrik Jelang GIIAS 2024 Mendekat

Hitung-hitugan beli mobil listrik

Pameran otomotif terbesar di Tanah Air yaitu GIIAS 2024 tak terasa kian dekat. Event ini diproyeksi akan menjadi momentum tingginya pembelian mobil baru terkhusus mobil listrik. Ini dia hitung-hitugan beli mobil listrik jelang GIIAS 2024 mendekat.

Yups kesadaran akan pentingnya mobilitas yang ramah lingkungan juga efisiensi menjadi dua hal pokok yang dipikirkan saat memutuskan membeli mobil listrik. Bahkan meski dibanderol cukup mahal dan harus memasang instalasi (wall) charger tambahan, tren mobil listrik dipastikan terus berkembang.

Bahkan kehadiran brand-brand mobil listrik baru asal Cina dipastikan menambah semarak persaingan yang ada. Terkhusus bagi brand-brand Jepang dan Korea yang kini juga semakin mematangkan kuda-kuda terkait mobil listrik mereka.

Keunggulan Mobil Listrik – Electric Vehicle (EV)

Hyundai all-new Kona Electric jadi magnet kumpul seru di Sentul

Seperti sudah disinggung sebelumnya, keunggulan utama EV adalah ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik dan tidak menghasilkan emisi karbon. Dengan demikian, penggunaan mobil listrik turut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas udara dan pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu mobil listrik menawarkan berbagai keunggulan, terutama bagi masyarakat di kota besar yang terbiasa terkena macet sehingga menambah beban biaya bahan bakar pada anggaran rumah tangga masyarakat. Diketahui jika mobil listrik tidak menggunakan bensin sebagai bahan bakar, tetapi pakai energi listrik yang disimpan pada sebuah baterai. Pengisian baterai dilakukan dengan pengecasan (charging atau charge) pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Tarif pengisian daya di SPKLU diperkirakan berada di kisaran Rp 1.650 per kWh sampai Rp 2.475 per kWh. Tarif tersebut dapat berbeda pada SPKLU lain berdasarkan lokasi dan jenis charging yang digunakan.

Oleh sebab itu, perhitungan pengisian daya mobil listrik lebih hemat dibandingkan dengan pengisian mobil berbahan bakar bensin. Perbandingan ini dapat dilakukan dengan menghitung jumlah biaya listrik maupun bensin yang dikeluarkan dengan jarak perjalanan yang ditempuh. Mobil listrik diperkirakan dapat menghemat energi sebesar 80 persen dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.

Pertimbangan Memilih Mobil Listrik

Charge di rest area km 379 ada fasilitas SPKLU ultra fast charging berkapasitas 200 kw

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik, pertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Kapasitas Baterai: Pilih kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Jarak Tempuh: Perhatikan jarak tempuh yang bisa dicapai, serta faktor-faktor yang mempengaruhi seperti rute perjalanan dan penggunaan AC.
  3. Lokasi Pengisian Baterai (SPKLU): Pastikan ada stasiun pengisian baterai yang dekat dengan tempat tinggal Anda.
  4. Daya Listrik Rumah: Pastikan daya listrik di rumah mencukupi untuk pengisian daya mobil listrik.

Lineup Mobil Listrik Hyundai

Hyundai sebagai satu-satunya brand mobil asal Korea memang cukup dikenal sebagai salah satu pionir mobil listrik. Termasuk dengan jaringan diler terbesar yakni Hyundai GOWA melalui 21 cabangnya di Indonesia menawarkan model EV unggulan mulai dari Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6, yang telah dianugerahi penghargaan World Car of the Year.

Ioniq5, sebagai mobil EV pertama buatan dalam negeri, dan Ioniq 6 siap memenuhi kebutuhan berkendara pelanggan dengan kenyamanan dan konektivitas yang unggul. Kehadiran Hyundai Gowa di berbagai wilayah Indonesia sebagai bentuk realisasi komitmennya untuk menyediakan beragam mobil bagi masyarakat termasuk EV, sesuai dengan tagline nya “Your First Choice!”.

Pada area parkir Candi Prambanan, tersedia SPKLU berdaya 60 kw

Ferry, Chief Operation Officer (COO) Hyundai GOWA, menjelaskan “Hyundai GOWA turut mendukung era elektrifikasi di Indonesia dengan menyediakan layanan penjualan sampai purna jual mobil EV secara lengkap. Hal ini kami berikan agar pelanggan terlepas dari rasa kuatir bila ingin memiliki mobil EV, karena selain adanya warranty, team aftersales Hyundai Gowa siap sedia melayani pelanggan”.

Satu model mobil EV terbaru yaitu Hyundai All New Kona Electric juga siap menyambut keinginan pelanggan yang ingin mendapatkan mobil listrik dengan performa, dukungan teknologi, dan fitur terbaik di kelasnya, serta range harga yang lebih terjangkau di kisaran Rp 500 jutaan dan bisa dipesan mulai sekarang melalui cabang Hyundai Gowa.

Simak terus Moladin.com untuk informasi terbaru seputar otomotif.

Related posts

Poin Ini Yang Bikin Pengguna Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition Lebih Berkelas

Intip Penjualan Neta Januari-Mei 2024, Lho Kok Konsisten Turun!

Spesifikasi Subaru BRZIKO 450 WHP Siap Turun Event Drift Lokal dan Internasional