Ini yang Harus Dilakukan Jika Bensin Motor Sudah Tiris Saat Riding

Bensin Motor Sudah Tiris

Ini yang harus dilakukan jika bensin motor sudah tiris saat berkendara? Ketika bahan bakar motormu sudah hampir habis, kamu mungkin bingung harus tancap gas atau memperlambat laju.

Sebenarnya, baik mengendarai dengan kecepatan tinggi maupun terlalu lambat bukanlah solusi yang tepat untuk menghemat bahan bakar.

Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Hambatan udara meningkat dan bahan bakar terkonsumsi lebih cepat.

Jadi, mempercepat laju motor saat bahan bakar menipis bukan cara yang efektif untuk menghemat bensin. Sebaliknya, mengemudi terlalu lambat juga tidak disarankan.

Mesin motor akan berputar lebih banyak untuk mempertahankan laju yang lambat, menyebabkan konsumsi bahan bakar tetap tinggi. Jadi, melambat secara berlebihan justru bisa membuat bahan bakar terbuang sia-sia. Jadi bagaimana solusinya?

Kecepatan Stabil Adalah Solusi

usahakan untuk selalu memantau indikator bahan bakar dan segera mencari stasiun pengisian bahan bakar terdekat ketika indikator menunjukkan bahan bakar mulai menipis.

Menurut Honda Wahana, dikutip 6 September 2024, disebutkan jika bahan bakar motormu sudah tiris, pilihan terbaik adalah menjaga kecepatan stabil di kisaran 40-60 km/jam.

Pada kecepatan ini, mesin motor bekerja dengan efisien tanpa membakar terlalu banyak bahan bakar. Pastikan untuk menjaga ritme kecepatan agar tetap konstan dan hindari akselerasi mendadak.

Selain itu, usahakan untuk selalu memantau indikator bahan bakar dan segera mencari stasiun pengisian bahan bakar terdekat ketika indikator menunjukkan bahan bakar mulai menipis.

Agar motor tetap irit, pastikan melakukan perawatan secara berkala. Servis rutin di bengkel terpercaya juga membantu mesin motor bekerja optimal, sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Demikian ulasan bensin motor sudah tiris saat berkendara. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari