Jalan Tol Menuju IKN Segera Rampung, Balikpapan ke Samarinda Cuma Sejam Lebih Sedikit

Jalan tol ke IKN Nusantara segera rampung. Foto: Istimewa

Jalan tol menuju IKN segera rampung. Nantinya, perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda, Balik Papan bisa ditempuh hanya dalam waktu 71 menit alias 1 jam 11 menit.

Dilansir dari laman Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), pembangunan jalan Tol IKN Nusantara yang tengah berjalan saat ini terdiri dari 3 (tiga) Seksi yaitu, Seksi Karangjoang – KKT Kariangau (Tol 3A) sepanjang 13,4 KM progres 80,2%, Seksi KKT Kariangau – Simpang Tempadung (Tol 3B) sepanjang 7,3 KM progres 88,8%, dan Seksi Simpang Tempadung – Jembatan Pulau Balang (Tol 5A) sepanjang 6.7 KM progres 86,8%.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra mengatakan, Jalan Tol akses IKN sepanjang 27 KM akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 Kariangau.

Dengan terhubungnya dua ruas jalan bebas hambatan ini, pengguna tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33, melainkan langsung menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara. 

“Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan menuju IKN Nusantara diperkirakan mencapai 71 menit. Akses Jalan Tol ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan upacara 17 Agustus 2024,” kata Arief saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI ke IKN Nusantara, di Kalimantan Timur,  Selasa (2/7).

PUPR Juga Bangun Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek

Untuk meningkatkan konektivitas ke IKN Nusantara, Kementerian PUPR juga membangun duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek berada sekitar 500 meter dari Jembatan Pulau Balang bentang panjang. Jembatan ini dibangun sejak Januari 2024 berdampingan dengan jembatan lama sepanjang 512 meter progresnya mencapai 83,4%.

Duplikasi Jembatan Pulau Balang bentang pendek memiliki 4 pilar di zona laut dan 4 pilar di zona darat. Konstruksi jembatan dibiayai APBN tahun jamak 2023-2024 senilai Rp498 miliar.

Duplikasi jembatan Pulau Balang bentang pendek ini akan melengkapi Jembatan Pulau Balang bentang pendek yang lama sekaligus menghubungkan Jembatan Pulau Balang bentang panjang yang sudah selesai pembangunannya. 

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan, Komisi V berharap pembangunan IKN mulai dari jaringan jalam hingga ke KIPP harus terus berlanjut, “kita lihat ini sedang berjalan, tentunya harus dilanjutkan dan segera diselesaikan untuk mengejar target utamanya di bulan Agustus, mengingat sudah cukup banyak anggaran yang sudah dikeluarkan,” pungkasnya.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related posts

Antusias Pengguna Royal Enfield Tetapkan Presiden Royal Riders Indonesia Periode 2024-2026

Toyota Memperluas Jaringan Charging Station Kini Masuk Mal Gandaria City

Gebyar Promo Wuling di HUT Ke-7, Ini Dia Yang Paling Menarik!