Jorge Martin Juara MotoGP Mandalika 2024, Marquez Bermasalah!

Jorge Martin Juara MotoGP Mandalika 2024

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin juara MotoGP Mandalika 2024 setelah sukses menebus kesalahannya di Sprint Race dengan kemenangan tipis di sesi balapan.

Jalannya race berlangsung dramatis, pasalnya Jorge Martin menghadapi tekanan mengejutkan dari rookie Pedro Acosta di tengah balapan dan mungkin saja berhasil dihadang oleh Enea Bastianini.

Pebalap Italia itu sukses melakukan serangan spektakuler untuk mendekati Acosta saat ia terjatuh di tikungan 1 dengan 7 lap tersisa.

Bastianini, Marco Bezzecchi, dan juara bertahan Francesco Bagnaia tertahan di belakang rekan setim Martin, Franco Morbidelli, nyari sepanjang balapan.

Bagnaia yang juara Sprint Race kemarin akhirnya berhasil menyalip Morbidelli dan berhasil merebut posisi ketiga pada lima lap tersisa.

Sementara itu Bastianini masuk jadi pembalap kesembilan dalam daftar panjang pembalap yang mengalami masalah mesin motor termasuk Marc Marquez, yang mesin Gresini mengalami masalah teknis yang hebat.

Jalannya Balapan MotoGP Mandalika 2024

Jorge Martin sukses lepas dari tekanan rookie Pedro Acosta di MotoGP Mandalika 2024

Martin melesat dari garis finis dan berlalu dengan aman melewati tikungan 16 pada lap pembuka.

Di belakangnya, Acosta menyalip Bastianini untuk posisi kedua dan, meskipun tidak mampu menyamai Martin selama sepuluh lap pembuka, sang rookie bangkit kembali di tengah balapan sambil menjauh dari perebutan posisi ketiga.

Memulai dari baris kedua, Bagnaia nampak inkonsisten dan naik turun dengan wheelie di awal balapan dan melorot ke posisi keenam. Nampak tidak bisa berbuat banyak hingga akhirnya finish ketiga.

Sementara itu Maverick Vinales yang finish posisi keenam untuk Aprilia, berada tepat di depan Fabio Quartararo dari Yamaha, dengan Johann Zarco yang berhasil mencapai tujuan untuk menempati posisi sepuluh besar bagi Honda.

Bezzecchi dan rekan setim VR46 di Giannantonio mengendarai motor dengan corak merah-putih khusus yang terinspirasi dari bendera Indonesia.

Miguel Oliveira absen setelah mengalami patah tulang pergelangan tangan kanannya saat kecelakaan Jumat pagi, yang disebabkan oleh kerusakan kontrol traksi.

Aturan tekanan ban yang direvisi untuk tahun 2024 berarti pengendara harus tetap berada di atas batas bawah tekanan ban depan 1,8 bar (bukan lagi 1,88) selama 60% (bukan 50%) dari jarak Grand Prix, atau 30% dari Sprint.

Hukuman karena gagal memenuhi batas minimum dalam Grand Prix adalah penalti waktu pasca-balapan selama 16 detik, atau penalti 8 detik untuk Sprint race (balapan pendek). Setelah Indonesia MotoGP akan bertolak ke Jepang di Motegi mulai hari Jumat mendatang.

Hasil Balapan MotoGP Mandalika 2024

1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
2 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
4 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
5 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
6 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
9 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
10 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
11 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
12 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Spesifikasi Nissan Skyline R34 Super Silhouette LBWK

Menanti Lahirnya Model Baru Citroen C3 dan e-C3 Aircross di Paris Motor Show 2024

Modifikasi Toyota Rangga Disulap Jadi Mobil Towing Moge