Kena Recall Airbag Tidak Fungsi di Amerika, VinFast VF 8 di Indonesia Juga Bermasalah?

VinFast VF 8 di Indonesia juga terdampat masalah airbag-kah?

Kabar kurang sedap tengah menerpa pabrikan otomotif asal Vietnam, VinFast. Mengutip Carscoops.com, VinFast menarik kembali hampir 300 VF 8 yang disinyalir dilengkapi dengan inflator airbag inert, memicu airbag tidak berfungsi. Mungkinkah berpengaruh pada VinFast VF 8 di Indonesia ?

Mobil VinFast VF 8 di Amerika yang terdampak sejatinya merupakan sebuah crossover yang dilengkapi ignitor inert, yang hanya digunakan dalam model praproduksi.

VinFast menarik kembali 284 unit VF 8 di Amerika Serikat karena crossover tersebut mungkin dilengkapi dengan airbag yang tidak berfungsi. Ini adalah masalah keselamatan yang serius karena sebanyak 52 unit mobil telah digunakan oleh konsumen.

Menurut Safety Recall Report di negeri Paman Sam tersebut, VinFast VF 8 produksi tahun 2022-2024 mungkin secara tidak sengaja dilengkapi dengan inflator airbag inert.

VinFast VF 8 recall di Amerika terkait airbag tidak berfungsi

VinFast pertama kali menyadari masalah tersebut pada tanggal 19 April 2024 lalu, ketika seorang pelanggan di Vietnam membawa crossover mereka ke diler karena lampu peringatan airbag menyala.

Diler menyelidiki masalah tersebut dan menemukan kantung udara penumpang depan dilengkapi dengan ignitor inert. Kantung udara ini seharusnya hanya dipasang pada kendaraan praproduksi untuk “memastikan keselamatan teknisi selama proses pengujian pengembangan hingga (tahap) akhir.”

VinFast lantas melakukan penyelidikan dan memutuskan bahwa ada “risiko yang tidak wajar terhadap keselamatan,” sehingga mereka melakukan langkah untuk penarikan secara sukarela.

Tercatat ada 284 VF 8 di Amerika Serikat yang kena recall

Beruntungnya tidak ada kecelakaan atau cedera yang terjadi, dan perbaikannya tergolong mudah karena diler akan segera memasang kantung udara baru dengan ignitor aktif.

Pengguna VinFast VF 8 akan segera diinformasikan, tetapi kendaraan yang dilengkapi dengan ignitor inert akan menyalakan lampu peringatan kantung udara untuk memperingatkan konsumen.

Bagaimana dengan VinFast VF 8 di Indonesia?

VinFast VFe34 hadir di IIMS 2024

Sebagai langkah preventif, VinFast Auto dikabarkan telah mengeluarkan perintah penghentian pengiriman dan penghentian penjualan secara global untuk kendaraan yang terdampak. Hal ini jugalah yang disinyalir turut berdampak secara tidak langsung pada produk sama yang sudah diperkenalkan di Indonesia.

Yups VinFast perdana hadir ke Tanah Air di gelaran IIMS 2024. Tidak tanggung-tanggung VinFast langsung memperkenalkan 6 mobil listrik setir kanan mulai dari VinFast VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9.

Meski demikian baru dua model yang sudah dijual resmi yakni VinFast VF 5 yang dipasarkan Rp 250 jutaan lalu pada varian VFe34 yang dibanderol kisaran harga Rp 300 jutaan. Artinya model VinFast VF 8 di Indonesia dipastikan belum dijual massal dan banyak digunakan oleh konsumen.

VinFast VF 8 adalah sebuah SUV listrik dua baris dengan kabin lapang yang sarat fitur, dan memiliki jarak tempuh kompetitif. Untuk tahun 2024, VinFast telah memasang trim Eco dan Plus dengan baterai yang lebih besar dan lebih efisien, dengan perkiraan jarak tempuh VF 8 menjadi 391 km dan 424 km.

Perusahaan tersebut juga sudah melakukan upgrade pada suspensi VF8 untuk meningkatkan dinamika berkendara. Sistem penggerak listrik all-wheel-drive VinFast VF 8 menghasilkan 348 hp pada model Eco dan 402 hp pada varian Plus.

Bagi konsumen yang penasaran dengan produk VinFast, diler pertama yang menjadi basis penjualan sudah dibuka di Depok. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Gebyar Promo Wuling di HUT Ke-7, Ini Dia Yang Paling Menarik!

2 Diler Haka Auto Gaspol Jualan Mobil BYD

Mengenal Berbagai Fitur Dasbor Truk Mercedes-Benz Axor