Knalpot Motor Sering Nembak? Ini Penyebabnya

Knalpot Motor Sering Nembak? Pernah nggak kamu ngalamin, pas lepas gas tiba-tiba knalpot motor bunyi nembak kecil? Suara ini jelas mengganggu, baik buat kuping sendiri maupun tetangga.

Sebetulnya, suara tembakan dari knalpot bisa jadi pertanda bahwa ada masalah di sistem motor, tapi tenang, nggak selalu berarti motor rusak parah.

Lantas, apa sih yang bikin knalpot motor nembak pas lepas gas? Simak nih beberapa penyebabnya:

1. Saluran Mesin Bermasalah

mengutip laman resmi wahana Honda, disebutkan knalpot motor nembak biasanya ada masalah di saluran mesin, seperti saluran intake tersumbat atau klep nggak bekerja dengan benar. Hal ini bikin pembakaran nggak sempurna.

Gas buang yang nggak terbakar sempurna tertahan di mesin dan saat kamu lepas gas, gas ini terdorong keluar dan ketemu udara segar di knalpot, akhirnya terjadilah ledakan kecil yang bikin suara nembak.

2. Knalpot Bocor

Kebocoran pada knalpot jadi penyebab paling umum suara nembak ini. Kebocoran bisa terjadi di sambungan pipa, las, atau muffler. Ketika udara luar masuk ke dalam sistem pembuangan, aliran gas buang terganggu dan muncul ledakan kecil yang menimbulkan suara tembakan.

3. Busi Rusak

Busi yang sudah aus, kotor, atau nggak sesuai spesifikasi bisa bikin percikan api jadi nggak sempurna. Pembakaran pun jadi nggak merata, dan gas buang yang nggak terbakar sempurna terdorong keluar ke knalpot, menyebabkan ledakan kecil pas lepas gas.

4. Bahan Bakar Tidak Murni

Knalpot motor sering nembak

Campuran bahan bakar yang terlalu kaya atau terlalu miskin bisa juga jadi penyebab knalpot nembak. Kalau campurannya terlalu kaya, gas buang nggak terbakar sempurna. Kalau terlalu miskin, mesin jadi lebih panas dan bisa memicu ledakan di dalam knalpot.

5. Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi

Pasang knalpot yang nggak sesuai spesifikasi motor bisa ganggu aliran gas buang, menyebabkan backpressure nggak normal. Kondisi ini memicu ledakan kecil di dalam knalpot yang bikin suara tembakan.

6. Knalpot Kotor

Kerak dan kotoran yang menumpuk di dalam knalpot juga bisa menyumbat aliran gas buang. Penyumbatan ini menyebabkan penumpukan gas di dalam knalpot dan memicu ledakan kecil pas lepas gas.

7. Mesin Terlalu Panas

Kalau mesin terlalu panas, bahan bakar terbakar nggak sempurna. Ini menyebabkan gas buang yang mudah terbakar dan memicu ledakan di dalam knalpot saat lepas gas.

Biar knalpot motormu nggak nembak lagi dan kuping nggak terganggu, rawat motor secara rutin. Lakukan perawatan di bengkel terpercaya untuk memastikan semua komponen motor, termasuk knalpot, tetap optimal. Demikian ulasan terkait Knalpot Motor Sering Nembak. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Cicilan Ringan Hyundai Stargazer X, Ini Perbandingan Harganya Dengan Para Rival

Bahana Isuzu Cianjur Jadi Outlet ke-111 Perluas Jaringan di Jawa Barat

Daftar Harga Mobil Hyundai Terbaru 2024, Termasuk Santa Fe Turbo Hybrid!