Komparasi Harga Nissan Terra vs New Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Komparasi Harga Nissan Terra vs New Pajero Sport dan Toyota Fortuner

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) masih tetap mengandalkan Nissan Terra sebagai amunisi tunggal di segmen Big SUV. Ini dia komparasi harga Nissan Terra vs New Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Di Tanah Air, Nissan hanya menjual Terra dalam satu varian yakni tipe 2.5 VL 4WD 7AT. Bisa dikatakan ini adalah model pamungkas yang ditawarkan bagi konsumen yang mengincar sebuah mobil bergaya untuk mobilitas di dalam kota dan juga siap diajak blusukan kemana saja.

Anda berminat memiliki Nissan Terra, mobil ini tersedia dalam 4 pilihan warna yakni Nebulla Metallic Red, Aspen Pearl White, Galaxy Black, dan Lunar Metallic Grey.

Spesifikasi Nissan Terra

Bicara proporsi desain, Nissan Terra beruntung memiliki desain tangguh dan berkesan mewah. Walau saat disandingkan dengan New Pajero Sport, ia masih kalah elegan lantaran Pajero Sport baru sudah pakai gril depan model heksagonal dan bumper berotot yang memberikan tampilan lugas, luks dan berkarakter. Berbeda halnya dibanding Fortuner yang pilih tampil sporty.

Terra tetap setia menghadirkan gaya khas Nissan dengan gril besar bergaya V-Shape, sama seperti generasi sebelumnya. Lalu lampu depan pakai quad LED ditambah daytime running light berbentuk huruf C sukses bikin mobil ini terlihat gagah.

Di atas kertas, Terra 2023 punya panjang 4.900 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.835 mm. Kemudian jarak jarak sumbu roda 2.850 mm serta ground clearance 225 mm. Bila melihat spesifikasi, SUV Nissan ini lebih panjang dibanding Fortuner dan New Pajero Sport.

New MItsubishi Pajero Sport varian Dakar menggunakan mesin berkode 4N15 dengan tenaga 181 PS dan torsi 430 Nm

Cek saja dimensi Fortuner 2.8 yang cuma punya panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, dan jarak sumbu roda 2.745 mm. Begitu halnya dengan New Pajero Sport yang sepanjang 4.825-4.840 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.835 mm.

Sementara pada mesinnya, di balik bonnet Terra bersemayam mesin turbo 2.488 cc 4-silinder yang merilis tenaga maksimal hingga 190 PS atau 187 Hp di 3.600 rpm dan torsi puncak 450 Nm sejak putaran mesin 2.000 rpm yang terhubung ke transmisi otomatis 7 percepatan.

Mesin Terra ini memang lebih jewama, bahkan bila disbanding mesin di New Pajero Sport dipersenjatai mesin diesel berkode 4N15 berkapasitas 2.442 cc. Dapur pacu New Pajero Sport tersebut juga ditambah turbo variabel berpadu teknologi katup MIVEC, sehingga siap melontarkan tenaga 181 hp pada putaran 3.500 rpm, serta torsi di 430 Nm yang sudah terasa sejak putaran bawah.

Toyota Fortuner varian GR Sport 4×4 2.8 jadi varian termahal di Indonesia

Mesin 4N15 kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Sementara tipe paling pamungkas dari Fortuner mengusung kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.800 cc. Di atas kertas mesin 1GD-FTV milik Fortuner mampu menghasilkan tenaga 200 Hp dan torsi puncak 499,2 Nm.

Sementara untuk fitur keselamatan Nissan Terra sudah didukung Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Bind Spot Warning (BSA), Intelligent Forward Collison Warning (IFCW), Intelligent Emergency Braking (IEB), Lane Departure Warning (LDW), Intelligent Arround View Monitor (kamera 360 derajat).

Ada juga Intelligent Cruise Control, Vehicle Dynamic Control, Intelligent Driver Alertness, Shift on The Fly, Electric Parking Brake, Zero Gravity Seats, dan Inclinometer. Nissan Terra juga punya fitur yang bisa melihat derajat kemiringan mobil saat offroad.

Meski sayangnya aebagian besar fitur tersebut juga sudah dimiliki di Mitsubishi New Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Komparasi Harga Nissan Terra vs Rival

Komparasi Harga Nissan Terra vs New Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Bermodel tunggal, Nissan Terra 2.5 VL 4WD 7AT dijual seharga 764,9 juta. Hal ini tentu berbeda dengan para rival yakni Mitsubishi New Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang sama-sama menyediakan 6 varian.

Varian terendah Mitsubishi New Pajero Sport tipe Exceed (4×2) MT dijual seharga Rp 568,1 juta. Semetara varian termahalnya yakni New Pajero Sport Dakar Ultimate (4×4) AT dilepas seharga Rp 764,2 juta alias lebih murah Rp 700 ribu dibanding harga Terra.

Sementara itu varian terenda Toyota Fortuner 2.4 G MT dijual seharga Rp 560,2 juta. Sementara varian termahal yakni Toyota Fortuner 4×4 2.8 GR Sport AT dijual seharga Rp 726,85 juta atau lebih murah Rp 38 jutaan disbanding harga Terra. So…silahkan dipilih!

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari