Maraknya E-Bike Modifikasi Berbahaya, Ratusan Disita Polisi di Inggris

Polisi Inggris banyak tilang E-Bike modifikasi. Di Inggris banyak e-bike atau sepeda listrik melaju lebih kencang dari spek seharusnya, bisa jadi itu adalah hasil modifikasi yang dilakukan secara legal dan menyalahi aturan.

Melalui permintaan Informasi Publik oleh PA Media, terungkap bahwa kepolisian di seluruh Inggris telah menyita ratusan e-bike, di mana sebagian besar digunakan untuk pengiriman makanan.

Data menunjukkan bahwa hingga Agustus 2024, 27 kepolisian di Inggris menyita total 937 sepeda listrik, naik drastis dari 511 sepeda pada 12 bulan sebelumnya.

Berdasarkan hukum di Inggris, e-bike tidak boleh memiliki daya lebih dari 250 watt (setara dengan 0,3 tenaga kuda untuk mobil) dan kecepatan maksimalnya tidak boleh melebihi 15,5 mph. Namun, polisi Inggris masih sering menemukan sepeda listrik yang telah dimodifikasi sehingga bisa melaju jauh lebih cepat dari batas yang diperbolehkan.

Salah satunya, yang baru-baru ini disita oleh Polisi Kota London, mampu mencapai kecepatan hingga 112 kpj. Tentu hal ini sangat membahayakan mengingat e-bike tidak didesain untuk melaju dengan kecepatan seperti motor.

Maraknya kasus modifikasi ilegal ini lantaran semakin mudah dilakukan, dengan kit konversi yang dijual bebas di internet hanya seharga £300 atau sekitar Rp 6 jutaan.

Beberapa e-bike juga dimodifikasi sehingga tidak lagi memerlukan kayuhan pedal, yang menurut hukum, membuatnya lebih mirip dengan skuter listrik yang memerlukan registrasi dan pajak, serta setidaknya sertifikat CBT (Compulsory Basic Training).

Bahaya E-Bike Modifikasi

Peningkatan e-bike modifikasi di jalan raya terus menimbulkan bahaya, tidak hanya bagi pengendara tetapi juga pejalan kaki. Sersan Chris Hook dari Polisi Kota London mengungkapkan “e-bike paling berat yang pernah saya lihat memiliki bobot lebih dari 50kg. Sepeda ini bisa melaju hingga 100 kpj. Jika menabrak seseorang, kemungkinan besar akan menyebabkan cedera serius atau, yang lebih parah, kematian.”

Sersan Stuart Ford dari Polisi Kota London mengatakan kepada program Today BBC bahwa “sebagian besar” e-bike modifikasi ini digunakan untuk pengiriman. “Mereka membeli sepeda biasa, kemudian membeli kit online yang terdiri dari baterai—yang seringkali tidak stabil, dan motor hub belakang diubah menggunakan yang dipakai skuter listrik,” ujarnya.

Untuk menangani fenomena e-bike modifikasi ini, Polisi Kota London membentuk Unit Respon Sepeda khusus pada Juli tahun lalu. Kepala Inspektur Rob Atkin mengatakan, “Kami menanggapi banyak keluhan dari masyarakat yang khawatir akan kendaraan ini. Beberapa orang melaporkan hampir tertabrak dan melihat pengendara melaju di trotoar dan menerobos lampu merah.”

Demikian ulasan E-Bike Modifikasi ilegal yang dinilai berbahaya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Harga Resmi Neta X 500 Mulai Rp 428 Juta, Lebih Murah Dari Omoda E5?

Toyota Hilux Jadi Pikap Militer 6×6 dan Siap Tempur

Harga Mitsubishi XForce di Bandung Diskon Sampai Rp 58 Juta