MG Bingo Kembaran Wuling Binguo EV Siap Meluncur, Spek Sama?

MG Bingo kembaran Wuling Binguo EV siap meluncur

MG Bingo hatchback resmi dipatenkan di India dan diproyeksi menjadi rival bagi Tata Tiago EV. Namun yang menarik baik dari unsur nama bahkan desainnya, ini adalah mobil yang sama dengan Wuling Binguo EV yang beredar di Indonesia. Lho kok bisa! Benarkah MG Bingo Hatchback cuma versi rebedge Wuling Binguo EV?

Semua hal di atas mungkin. Pasalnya meski MG merupakan merek yang mencuat dari tanah Inggris, mereka sudah diakuisisi penuh oleh grup SAIC Motor, Cina yang juga memiliki merek Wuling.

Bahkan jika ditilik dari operasionalisasi di Tanah Air, MG mulanya beroperasi di bawah naungan PT. SAIC Motor Indonesia (MG Indonesia). Meski kini sudah mandiri dengan nama MG Motor Indonesia.

Harga Wuling BinguoEV turun sekitar Rp 30 jutaan setelah lolos TKDN

Sementara bagi Wuling merupakan merek otomotif pertama asal Cina yang sudah lebih dulu masuk dan menjual mobil di Indonesia sejak 2017 di bawah PT. SAIC General Motor Wuling (SGMW) Indonesia. Jadi antara MG dan Wuling jelas masih ada ‘hubungan saudara’.

MG Bingo Hatchback di India

MG Motor India tengah mempersiapkan perombakan produk besar-besaran di India yang mencakup sejumlah model baru. Tak hanya menggempur pasar India dengan versi baru MG Gloster, bahkan mereka juga akan menghadirkan MG Cloud EV.

Gambar paten baru telah muncul di jagat maya yang mengisyaratkan induk MG, SAIC, tengah mempersiapkan Bingo EV untuk meluncur di India sebagai pesaing potensial Tata Tiago EV.

MG Bingo: Desain dan Fitur unggulan

Interior Wuling Binguo EV

MG Bingo hatchback pertama kali memulai debut di Tiongkok dan juga sudah dijual resmi di Indonesia.MG Bingo adalah hatchback lima pintu yang sebenarnya hadir dengan lekukan bodi membulat dan sederet elemen unik.

Meski begitu desain interiornya mobil ini cukup familiar karena MG Bingo memiliki beberapa kesamaan dengan Comet (Air EV). Mulai dari pengaturan layar ganda untuk layat infotainment dan speedometer, lingkar kemudi, dan tombol kontrol dan lainnya. Mobil ini juga memiliki sentuhan krom halus dan bagian lembut di area dalam, yang membuat mobil ini tampak lebih premium daripada yang sebenarnya.

MG Bingo: Platform, Powertrain, Dimensi

Sejauh menyangkut platform, mobil ini menggunakan platform GSEV (Global Small Electric Vehicle) yang sama dengan Comet dan Cloud EV yang akan datang. Bingo sedikit lebih besar dari Tiago, berukuran panjang 3.950 mm, dan berkat platform bawaan EV-nya, mobil ini memiliki keunggulan dalam kelapangan ruang kabin, termasuk lantai yang datar.

Bingo varian entry mendapatkan baterai 17,3 kWh dan motor 41 hp. Varian ini memiliki jangkauan sekitar 203 km pada siklus CLTC China. Bingo dengan spesifikasi teratas mendapatkan baterai 31,9 kWh yang lebih besar dan motor 68 hp yang mampu menempuh jarak 333 km (CLTC).

Sebaliknya, Tiago EV dengan spesifikasi lebih rendah mendapatkan baterai 19,2 kWh dengan jangkauan MIDC 250 km dan motor 61 hp. Versi jarak jauh memiliki paket 24 kWh yang memiliki jangkauan 315 km (MIDC), yang menggerakkan motor 75 hp.

MG Bingo dipersiapkan untuk meluncur di India tahun depan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Alasan Kenapa Ban Mobil Listrik Cepat Aus, Jadi Gak Ramah Lingkungan Dong?

10 Komponen Mobil Hybrid yang Wajib Dicek Berkala

Pengalihan Arus Lalu Lintas di Monas Terkait HUT Bhayangkara, Awas Terjebak Macet!