Mobil Balap Toyota Corolla Cross Bikin Lupa Pernah Menjadi SUV

Mobil Balap Toyota Corolla Cross

Mobil balap Toyota Corolla Cross bikin lupa pernah menjadi SUV. Bicara Corolla kita tentu akan menarik sejarah panjang dan penuh warna dari salah satu model ikonik Toyota.

Toyota Corolla merupakan mobil terlaris di dunia dengan penjualan lebih dari 50 juta unit sejak tahun 1966. Bahkan lewat namanya, Corolla sukses menyebarkan citra mobil Jepang ke seluruh dunia.

Namun, beberapa orang lupa bahwa Toyota Corolla juga dikenal di dunia balap. Mobil ini ikut serta dalam reli dan balapan sirkuit, dan bagaimana mungkin kita bisa melupakan AE86 yang ikonik dan sukses dalam mobil turing dan drifting.

Toyota Corolla ikut ajang balap ketahanan 24 jam Nurburgring

Baru-baru ini, Corolla mengikuti ajang balap Nürburgring 24 Hours dan bahkan memenangkan kelasnya. Lebih khusus lagi, Toyota Corolla Altis GR Sport HEV (hybrid) yang berhasil menduduki podium teratas.

Lalu percayakah Anda jika mobil balap satu ini dibangun berdasarkan pada Toyota Corolla Cross dan akan berkompetisi di Stock Car Pro Series untuk musim berikutnya.

Kejuaran Stock Car Pro Series adalah salah satu seri balap terbesar di Amerika Latin. Ada beberapa pembalap hebat terlibat di dalamnya, seperti Reubens Barichello dan Felipe Massa.

Spesifikasi Mobil Balap Corolla Cross Balap

Nampak serupa, mobil balap Toyota Corolla Cross ini dibuat dari platform berbeda dari model standar

Meski nampak identik, mengutip carscoops, mobil balap bertenaga 500 hp ini tidak memiliki banyak kesamaan dengan versi produksi Corolla Cross, karena menggunakan platform yang dibuat khusus.

Ini adalah mobil balap Toyota Corolla Cross baru dari Toyota Gazoo Racing (GR) yang dibuat khusus untuk kejuaraan Stock Car Pro Series Brasil.

Tentu saja, mobil balap GR Corolla Cross sukses menghilangkan siluet jejak SUV-nya. Bodi mobil ini gabungan material serat karbon, aramid, fiberglass, dan Kevlar, dengan spatbor lebar, intake pendingin yang agresif, dan cukup banyak modifikasi meningkatkan aerodinamis.

Di buritan, sayap belakang yang besar bekerja sama dengan diffuser besar dan splitter yang menonjol, menghasilkan downforce optimal yang cukup untuk membuatnya tetap menempel di lintasan.

Buritan didukung sayap belakang berukuran besar dan diffuser

Meskipun bentuk keseluruhannya mungkin mengingatkan kita pada Corolla Cross yang beredar di pasaran. Jangan terkecoh karena satu-satunya bagian tersisa ialah lampu belakang dan logo Toyota.

Desain Corolla Cross siap balapan ini dilengkapi dengan corak Gazoo Racing yang berani, dihiasi grafis merah dan putih yang mencolok di dasar hitam.

Kabin yang sederhana dibubuhi monitor, full roll cage, dan berbagai sakelar khusus di dasbor. Model ini juga dilengkapi dengan kamera interior 360 derajat, yang akan menampilkan aksi langsung dari balapan selama siaran.

Mobil balap Toyota Corolla ini tidak sendirian dan akan bersaing dengan SUV lain yang berubah menjadi mobil balap, seperti Chevrolet Tracker dan Mitsubishi Eclipse Cross.

Ketiganya menggunakan platform Audace SNG01 yang sama, dan fakta menariknya, tidak memiliki kesamaan dengan model produksi yang biasa terlihat di diler-diler.

Mobil balap Toyota Corolla Cross ini terlihat begitu aerodinamis

Di balik kapnya terdapat mesin 2,1 liter turbocharged dengan sekitar 500 hp saat menggunakan bensin Podium. Semua tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi sekuensial XTrac 6 percepatan.

Mobil balap ini dilengkapi dengan suspensi pushrod yang dilengkapi shock Penske Racing yang dapat disesuaikan. Tenaga pengereman ditangani oleh satu set rotor rem Hipper Freios dengan bantalan Cobreq dan kaliper AP Racing.

Menurut penyelenggara, Corolla Cross baru lebih ringan, lebih cepat, dan lebih canggih secara teknologi daripada sedan Corolla yang digantikannya. Toyota Gazoo Racing telah menjadi kekuatan dominan di Brazilian Stock Car Pro Series sejak 2020, mencatat 49 kemenangan dalam 106 balapan.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

10 Harga dan Jenis Vespa Matic 2024, Ada Rakitan Lokal

45 Unit Mobil Listrik BMW Siap Dukung Pelantikan Presiden Prabowo Subianto

Mengenal Fitur-fitur Unggulan New Mitsubishi Pajero Sport Dengan Keamanan Maksimal