Ini Kunci Pasar Mobil Hybrid Toyota Meningkat Pesat di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Pasar Mobil Hybrid Toyota Meningkat Pesat di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Dalam rangkaian Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up 2024, PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses menunjukan penetrasi yang baik atas penjualan mobil-mobil hybrid mereka di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ini kunci pasar mobil hybrid Toyota meningkat pesat di Jawa Tengah dan Yogyakarta

PT TAM meyakini penjualan mobil hybrid Toyota meningkat pesat di kedua pasar tersebut karena ditopang kesiapan Ecosystem mobilitas ektrifikasi. Hal ini ditandai dengan penjualan All New Kijang Innova Zenix HEV yang cukup mendominasi pasar.

“Didukung jaringan Dealer Nasmoco Group, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengapreasiasi penjualan xEV khususnya HEV Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terus meningkat pesat, di mana All New Kijang Innova Zenix HEV menjadi lokomotif penjualan,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM,

Selain penjualan Toyota Innova Zenix Hybrid yang menonjol, kehadiran Prius HEV terbaru memberikan konsumen banyak pilihan

Pada Januari-Juli 2024, Toyota memimpin market retail sales dengan market share sebesar 32.8% meningkat 1.2% dibanding tahun 2023 di periode yang sama.

Sedangkan untuk penjualan Xev, penjualan Toyota dan Lexus meningkat hingga 52% dari 14.936 unit di tahun 2023 menjadi 22.721 unit pada periode yang sama. Berdasarkan data penjualan, HEV Toyota tersebar di sekitar 347 kota di Indonesia meng-cover lebih dari 85% total kota penjualan mobil di Indonesia.

Sedangkan di wilayah Jawa Tengah dan DIY, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota terus menunjukkan trend positif yang dimotori oleh All New Kijang Innova Zenix HEV sebanyak 1.229, diikuti oleh All New Yaris Cross HEV (279 unit), dan Alphard HEV (43unit). Sebagai informasi, retail sales Nasmoco Toyota di area tersebut adalah 10.495 unit dan xEV menyumbang 10.9% penjualan.

Mobil Hybrid Toyota Lebih Relevan di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Pasar mobil hybrid Toyota meningkat pesat di Jawa Tengah dan Yogyakarta dipimpin Innova Zenix Hybrid

Penjualan All New Kijang Innova Zenix terbilang bagus karena sesuai kebutuhan pelanggan, baik pribadi maupun bisnis seperti untuk rental maupun travel antar kota.

Jalan Tol Trans Jawa yang sudah menyambung dari barat ke timur Provinsi Jawa Tengah, membuat mobilitas masyarakat menjadi semakin mudah dan terbuka luas. Jalan antar provinsi dan antar kota yang mulus, kian membuka akses kegiatan sosial dan produksi masyarakat.

Hybrid EV merupakan pilihan paling relevan saat ini karena dapat menjangkau hingga ke pelosok wilayah tanpa khawatir kehabisan daya baterai. Sinergi antara hybrid engine dan motor listrik, memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk menurunkan emisi CO2 dengan cara yang paling memungkinkan tanpa perlu mengubah kebiasaan berkendara.

Pemilik mobil hybrid tidak perlu memikirkan infrastruktur seperti charging spot lantaran sudah dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS) untuk pengisian baterai hybrid saat berjalan.

Pemilik mobil hybrid dimudahkan Toyota Hybrid S ystem (THS) untuk pengisian baterai hybrid saat berjalan

Di Jawa Tengah dan DIY, ekosistem xEV didukung oleh dealer Nasmoco Group yang memiliki layanan penjualan kendaraan Toyota, perawatan mobil, dan penyediaan spare parts yang tersebar di hampir seluruh kota besar.

Bermodalkan fasilitas bengkel yang modern dan canggih serta teknisi yang andal dan kompeten berstandar Toyota global, semua workshop Nasmoco mampu menangani xEV Toyota dengan baik.

Satu lagi bagian integral dari Toyota xEV Ecosystem adalah charging station untuk BEV dan PHEV Toyota. Secara nasional, charging spot ada di 116 lokasi strategis, di mana 112 titik di antaranya berada di dealer resmi Toyota, 2 titik di mal besar Jakarta serta 2 titik di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa, yang akan terus bertambah.

Ditambah 7 diantaranya merupakan Ultra Fast Charging (UFC). Salah satu UFC 120 kW, tersedia di Nasmoco Bantul Yogyakarta dan Nasmoco Majapahit Semarang.

Mengulik Toyota bZ4X

Mobil listrik massal Toyota bZ4X jadi menu ekstra

Pada kesempatan yang sama, para awak media termasuk Moladin juga diberi kesempatan mencoba langsung mobil listrik massal pertama Toyota yakni All New bZ4X.

Tak hanya itu sebagai komitmen Beyond Zero, Toyota juga memperkenalkan aplikasi IT’S TIME FOR EVERYONE to Switch (ITFE to Switch) kepada para jurnalis. Aplikasi ini memiliki fitur Calculator for Carbon Emission yang dapat menghitung emisi kendaraan yang dipakai setiap hari.

Fitur Carbon Reduction Action Tracker dapat menghitung pengurangan karbon yang dilakukan oleh pelanggan lewat aktivitas sehari-hari, seperti recycle botol plastik atau menanam pohon.

Perjalanan hari ini diikuti oleh total 11 unit HEV, 1 unit PHEV, serta satu tambahan unit BEV dengan total perjalanan 176 km. Berdasarkan perhitungan dari aplikasi ITFE, karbon yang telah direduksi setara dengan mengumpulkan 176.000 botol plastik 250ml.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari