Mobil Konsep Ford Klasik Terbakar Saat Digendong Trailer, Harga Setara 24 Innova Zenix Q Hybrid Modellista

Mobil Konsep Ford Klasik Terbakar Saat Digendong Trailer

Sebuah mobil konsep Ford klasik berlabel Ford Probe I tahun 1979, hangus terbakar tak berbentuk dalam sebuah insiden selepas mengikuti Pebble Beach Concours d’Elegance, California, Amerika Serikat pada Minggu malam (18/8).

Mobil konsep Ford yang dirancang oleh Ghia tersebut mengalami nasib tragis karena tidak bisa menyelamatkan diri akibat tengah diangkut di bagian belakang truk trailer tertutup.

Scott Grundfor Company, bengkel restorasi yang berbasis di California dan pemilik mobil konsep tersebut, mengunggah serangkaian foto kerusakan pada akun Instagram mereka @scottgrundforcompany pada Senin (19/9).

Dalam foto-foto tersebut terlihat bahwa hampir seluruh bagian mobil terbakar habis, menyisakan hanya kerangka dasarnya.

Mobil Konsep Ford Klasik terbakar

Dalam pernyataan yang dirilis bersamaan dengan foto-foto tersebut, perusahaan tersebut mengungkapkan rasa kehilangan yang tak terhingga atas insiden ini.

“Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami kehilangan Ford Ghia Probe I Prototype 1979 kami dalam sebuah kecelakaan di jalan raya pada Minggu malam setelah memamerkan mobil tersebut di Pebble Beach Concours d’Elegance,” tulis perusahaan tersebut dalam pernyataan resmi. “Kami adalah perusahaan yang berorientasi pada keluarga, dan rasanya seperti kami kehilangan anggota keluarga kami hari ini.”

Selain itu seorang pengguna TikTok dengan nama Exoticsimage juga membagikan video trailer mobil yang terbakar tersebut.

Ford Probe I tahun 1979 saat mengikuti Pebble Beach Concours d’Elegance

Meskipun tidak ada yang terluka dalam insiden ini, namun tampaknya mobil tersebut tidak akan dibangun kembali, berdasarkan pernyataan dari bengkel restorasi tersebut.

“Kami merasa sangat beruntung bisa menjadi bagian dari sejarah mobil ini, meskipun peristiwa ini sangat tragis. Kami akan membawa sisa-sisa mobil ini kembali ke Arroyo Grande agar tetap berada di samping prototipe Ghia/Ford lainnya dalam koleksi kami,” tulis caption Instagram tersebut.

Ford Probe I GHIA 1979

Ford Probe I GHIA 1979 di event Pebble Beach Concours d’Elegance, sesaat sebelum kejadian

Ford Probe I karya Ghia adalah salah satu dari beberapa konsep Probe yang dibuat dari tahun 1979 hingga 1985, dirancang untuk menampilkan desain aerodinamis canggih dengan penekanan pada efisiensi bahan bakar. Ford Probe I bukan hanya sekadar mock-up.

Mobil ini menggunakan platform Fox yang dimodifikasi dan sedikit lebih panjang dibandingkan dengan Mustang tahun 1979. Di bawah kap mesin, terdapat mesin empat silinder turbocharged 2.3 liter yang menggerakkan roda belakang. Masuk ke kabin, Ford Probe I memiliki interior penuh dengan teknologi digital khas tahun 1980-an.

Perjalanan tragis Ford Probe I 1979

Ford pada akhirnya membangun lima konsep Probe dengan gaya Ghia, yang mengarah pada masa depan yang lebih fokus pada desain aerodinamis, yang pada akhirnya mempengaruhi Ford Taurus dan mobil produksi Ford Probe—kendaraan yang awalnya dimaksudkan untuk menjadi pengganti Mustang.

Mobil klasik ini dikalangan para kolektor mobil klasin ditaksir memiliki harga fantastis tembus $ 1.000.000. Jika dikonversikan maka harga mobil ini mencapai Rp 15,477 miliar yang bisa digunakan untuk membeli 24 unit versi pamungkas Toyota Innova Zenix Q Hybrid Modellista seharga Rp 630,6 juta .

Sayangnya, perjalanan mobil konsep pertama ini berakhir tragis, dan kini mobil cantik ini telah hilang untuk selamanya. Demikian ulasan Mobil Konsep Ford Klasik Terbakar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari