Mobil Listrik Murah vs Motor Sejuta Umat, Mana Lebih Menguntungkan?

Mobil listrik murah vs motor sejuta umat

Berikut kami ulas komparasi mobil listrik murah vs motor sejuta umat. Dimana keduanya merupakan sama-sama kendaraan yang banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini.

Yup, kali ini kami akan mengkomparasi Wuling Air EV Long Range yang mewakili mobil listrik murah versus Honda Scoopy Prestige yang mewakili motor sejuta umat. Secara harga memang jaraknya sangat jauh, begitu pula dengan kapasitas penumpangnya, jelas Air EV lebih unggul.

Nah, dalam komparasi ini kami akan membandingkan harga, mesin, perbandingan biaya baterai vs mesin, masing-masing kelengkapan fitur dan biaya servis 10 ribu kilometer.

Secara harga, keduanya punya jarak yang jauh berbeda, Honda Scoopy Prestige dibanderol Rp 22.780.000. Sementara itu untuk Wuling Air EV Long Range diharga Rp 275.000.000. Artinya, sekitar 12 unit Honda Scoopy Prestige bisa dapat 1 Wuling Air EV Long Range.

Komparasi kali ini memang bukan dari sisi harga, namun lebih menitikberatkan pada mana yang yang lebih menguntungkan. Seperti contohnya biaya isi baterai dan isi bensin, mana yang lebih murah dan juga biaya servis 10.000 kilometer.

Isi Baterai Wuling Air EV Lebih Murah Dibanding Isi Bensin Scoopy

Komparasi mobil listrik murah vs motor sejuta umat pertama adalah dari sisi pengisian baterai dan isi bensin. Jadi penghitungannya adalah kapasitas baterai dan kapasitas tangki bensin dikali dengan tarif listrik dan harga BBM Pertamax 92.

Pertama adalah Wuling Air EV Long Range ini mengadopsi baterai 26,7 kWh, nah jika dikalikan dengan tarif listrik rumah Rp 1.700 per kWh maka hasilnya adalah Rp 45.390

Kemudian untuk Honda Scoopy Prestige punya kapasitas tangi sebesar 4,2 liter. Jadi jika dikalikan dengan harga BBM Pertamax 92 Rp 12.950 maka hasilnya untuk full tank sebesar Rp 54.390.

Jika dilihat dari hasil keduanya, Wuling Air EV Long Range lebih murah, selisihnya Rp 9.000

Jarak Tempuh Wuling Air EV Lebih Jauh

Komparasi mobil listrik murah vs motor sejuta umat berikutnya adalah soal jarak tempuh keduanya, ini masih berkaitan erat dengan biaya isi baterai dan harga BBM Pertamax 92.

Di atas kertas, jarak tempuh dari Wuling Air EV Long Range tembus 300 kilometer dengan baterai 26,7 kWh. Sementara itu untuk Honda Scoopy Prestige punya jarak tempuh 200 kilometer dengan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.

Kelengkapan Fitur Air EV Lebih Modern dan Berlimpah

Mengulas komparasi mobil listrik murah vs motor sejuta umat tentu kurang afdhol jika belum membahas kelengkapan fitur keduanya.

Pertama akan kita bahas fitur dari Honda Scoopy Prestige. Motor sejuta umat ini sudah dilengkapi dengan keyless entry serta alarm. Fitur ini jelas berfungsi untuk meminimalisir dari kejahatan maling. Kemudian, Honda Scoopy juga sudah dilengkapi electric starter, USB port, bagasi dan juga combi brake.

Berbeda halnya dengan kelengkapan Wuling Air EV Long Range yang jelas lebih lengkap dan modern, jelas karena harganya yang jauh lebih mahal.

Wuling Air EV Long Range sudah dilengkapi dengan fitur smart start system, jadi untuk menyalakan mobil cukup dengan menginjak pedal rem alias tidak memerlukan kunci.

Kemudian ada juga fitur perintah suara dalam bahasa Indonesia atau WIND dan Internet of Vehicle. Jadi pemilik mobil bisa menutup dan membuka jendela hanya dengan perintah suara, begitu juga untuk menyalakan AC.

Biaya Servis 10.000 Lebih Murah Wuling Air EV

Komparasi mobil listrik murah vs motor sejuta umat berikutnya adalah membahas biaya servis berkala sampai 10.000 kilometer.

Untuk Honda Scoopy servis berkala menurut bengkel resminya setiap 2.000 km dengan biaya servis dan suku cadang seperti oli mesin sebesar Rp 170 ribu. Jika dikalikan 5 kali servis maka total biayanya adalah Rp 850.000.

Kemudian untuk biaya servis Wuling AIr EV Long Range ternyata lebih murah dibanding Honda Scoopy. Yup, ini karena mobil listrik tidak membutuhkan oli mesin seperti kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin.

Untuk biaya suku cadang dari Wuling Air EV hanya Rp 80.000 dan biaya servis Rp 160.000 dengan anjuran dari bengkel resmi servis berkala dilakukan setiap 5.000 km. Jadi kalo ditotal untuk biaya servis 10.000 km hanya sebesar Rp 240.000.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Komparasi mobil listrik murah vs motor sejuta umat. Dimana jika dilihat dari biaya perawatan, kelengkapan fitur serta jarak tempuhnya Wuling Air EV Long Range tentunya lebih Value for Money meski harga OTRnya jauh lebih mahal dibanding Honda Scoopy.

Selain fitur lebih lengkap, kapasitas penumpang bisa 4 orang (jok belakang untuk anak kecil), sudah ada AC, Wuling AIr EV murah dan mudah perawatannya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Keseruan Pembalap Red Bull MotoGP Adu Cepat Becak Motor Mandalika

Spesifikasi dan Harga GWM Tank 300 HEV di Indonesia, Pesaing Santa Fe Hybrid

Pendaftaran Toyota Dream Car Art Contest ke-18 Resmi Dibuka