Modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin Dari Bogor Jadi Mobil Pemadam Kebakaran

Modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin jadi mobil pemadam kebakaran

Ini dia modifikasi Mitsubishi Triton single cabin jadi mobil pemadam kebakaran. Proyek satu ini merupakan garapan apik karoseri Delima Jaya.

Sederet perubahan sudah melekat di Triton pikap ini sehingga bisa digunakan untuk kondisi darurat terutama untuk memadamkan api di area-area yang sulit dijangkau truk pemadam kebakaran.

“Basisnya Mitsubishi Triton HDX MT Single Cab 4WD yang kami ubah menjadi fire jeep slip-on untuk (pemadaman api) di hutan,” buka Winston Wiyanta, Direktur Delima Jaya Group yang bermarkas di Kedung Halang, Bogor kepada Moladin.

Fokus ubahan di bagian belakang bak Triton

“Kami baru menyelesaikan dua unit, walau sebenarnya masih ada beberapa order lagi untuk fire trucks dari dinas maupun perusahaan di kawasan industri, pergudangan, real estate dan perusahaan perkebunan dan perhutanan,” tambahnya.

Bicara dimensi, Triton Single Cabin standar berformat 2 pintu hadir dengan panjang 5.100 mm. lebar 1.815 mm dan tinggi, 1.780 mm. Nah dengan panjang mumpuni dan ukuran bak lega, modifikasi Mitsubishi Triton single cabin ala fire jeep ini terealiasi dan bertumpu pada ubahan di bagian belakang.

“Pada prinsipnya fitur dan fungsi fire jeep slip-on ini sama dengan kendaraan pemadam kebakaran (fire truck). Lengkap dengan fire pump, suction hose, rubber hose (outlet inlet), nozzle jet, fire extinguisher, protective equipment, rotary lamp, sirine, heavy duty bumper, equipment compartment, dan berbagai kelangkapan lain,” urai Winston.

Modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin dilengkapi ire pump, suction hose, rubber hose (outlet inlet), nozzle jet, fire extinguisher, protective equipment, dan peralatan lainnya

“Namun sebagai fire jeep, Triton pemadam kebakaran ini tentu sudah didesain lebih compact dan high mobility. Sehingga mudah menjangkau area-area yang tidak bisa dijangkau dan dilalui oleh fire truck ukuran besar, serta memiliki kemampuan manuver optimal saat terjun di medan sulit seperti kondisi jalan off-road di hutan, perkebunan, tambang dan lainnya,” tukasnya lagi.

Triton adalah kendaraan komersial ringan 4×4 dengan performa siap diandalkan. Jantung pacunya didukung mesin diesel 2477cc 4 silinder yang merilis tenaga 109 hp dan torsi sebesar 200 Nm mulai putaran 2.000 rpm.

Biaya Modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin ala Fire Jeep

Budget modifikasi Mitsubishi Triton Single Cabin ini menelan biasa Rp 300-600 juta

Sederet kelengkapan yang melekat di Mitsubishi Triton single cabin ala Fire Jeep ini dikerjakan dari rangkaian proses yang mendetail.

“Untuk proses produksi Triton ini kami garap selama 60 hari kerja dengan estimasi harga Rp 300-600 juta tergantung spesifikasi teknis yang diperlukan,” beber Winston perihal lama pengerjaan dan biaya modifikasi Mitsubishi Triton single cabin ini.

Bahkan tak hanya itu, Winston juga mengklaim jika setiap pengerjaan karoseri yang bermasalah tetap mendapatkan garansi penuh selama 1 tahun

Penggunaan Mitsubishi Triton sebagai pikap 4WD alias berpenggerak 4×4 memang mengandalkan daya jelajah lebih prima ketimbang L300 yang orientasinya lebih pas buat logistik. Tak hanya berparas modern, Triton punya sederet fitur untuk melibas jalan-jalan off-road sehingga jauh lebih teruji.

Tak heran jika Mitsubishi Triton juga hadir untuk memenuhi pasar fleet dengan segmen menengah ke atas, sehingga konfigurasi dan fitur-fitur di dalam kabinnya juga semakin berorientasi pada kepuasan pengemudi. Berbeda dengan L300 yang berorientasi pada volume angkut semata.

Saat ini hanya ada dua model Triton Single Cabin. Pertama ialah Mitsubishi Triton GLX MT Single Cab 2WD seharga Rp 294,35 juta dan ada Triton HDX MT Single Cab 4WD seharga Rp 368,15 juta.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Gebyar Promo Wuling di HUT Ke-7, Ini Dia Yang Paling Menarik!

2 Diler Haka Auto Gaspol Jualan Mobil BYD

Mengenal Berbagai Fitur Dasbor Truk Mercedes-Benz Axor