Pentingnya Mengganti Oli Gardan pada Motor Matic, Ini Dampaknya Lalai

Kali ini Moladin akan mengulas Pentingnya Mengganti Oli Gardan pada Motor Matic. Oli gardan merupakan komponen penting pada motor matic yang seringkali terabaikan.

Fungsi utama oli gardan adalah melumasi dan menjaga kelancaran transmisi otomatis, khususnya pada sistem continuously variable transmission (CVT).

Meski demikian, banyak pengendara yang masih menganggap sepele peran oli gardan. Mengutip laman Wahana Honda 19 September 2024, disebutkan jika oli gardan berperan penting dalam melumasi berbagai komponen transmisi yang saling bergesekan.

Jika oli gardan jarang diganti, kekentalannya akan berkurang, sehingga menyebabkan bunyi bising dari dalam box CVT. Ini menjadi tanda bahwa ada kerusakan pada komponen gardan, termasuk gear ratio, yang tentunya membutuhkan biaya perbaikan cukup besar.

Idealnya, oli gardan sebaiknya diganti setiap 12.000 kilometer atau setiap 12 bulan sekali. Jika motor sering digunakan untuk jarak jauh atau membawa beban berat, sebaiknya penggantian oli gardan dipercepat. Banyak mekanik juga merekomendasikan penggantian oli gardan setelah dua kali melakukan penggantian oli mesin, atau dengan rasio 2:1.

Dampak Buruk Bila Terlambat Ganti Oli

Fungsi utama oli gardan adalah melumasi dan menjaga kelancaran transmisi otomatis, khususnya pada sistem continuously variable transmission (CVT).

Bila oli gardan tidak diganti tepat waktu, komponen transmisi yang saling bergesekan bisa mengalami keausan lebih cepat. Ini menyebabkan penurunan performa motor, bahkan dapat merusak gear ratio dan komponen lain di dalam CVT. Biaya perbaikan untuk kerusakan ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biaya rutin mengganti oli gardan.

Penting untuk memeriksa kondisi oli gardan secara rutin, terlebih jika motor sering digunakan untuk perjalanan jauh. Jika oli sudah berwarna gelap atau berbau terbakar, itu adalah tanda bahwa oli perlu diganti meskipun jarak tempuh belum mencapai batas rekomendasi.

Memilih oli gardan yang sesuai dengan spesifikasi motor adalah hal penting lainnya. Pastikan oli yang digunakan diformulasikan khusus untuk motor matic agar dapat bekerja optimal dalam melumasi komponen transmisi.

Demikian ulasan Pentingnya Mengganti Oli Gardan pada Motor Matic. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Bocoran Honda HR-V Hybrid Siap Meluncur di Indonesia

Bocoran Hyundai Santa Fe Hybrid 2025 Diungkap Pabrikan, Ini Kisaran Harganya!

Double Cabin Listrik Maxus eTerron 9 Dengan Bodi Lebih Besar Dari Hilux