Rival Toyota HiAce Jadi Motorhome Keren, Bisa Jadi Inspirasi!

Rival Toyota HiAce Jadi Motorhome Keren, Bisa Jadi Inspirasi!

Tidak banyak kontestan bermain di kelas yang sama pada segmen kendaraan komersial yang dihuni Toyota HiAce. Namun salah satu rival Toyota HiAce jadi motorhome keren dan bisa jadi inspirasi.

Ini dia edisi khusus Nissan Urvan yang disebut Caravan My Room. Sang rival HiAce di Jepang tersebut memang tampil biasa di luar namun menyuguhkan kabin ala rumah berjalan dengan sentuhan khusus serasa di kamar hotel.

Tampilan kabin belakang Nissan Urvan motorhome

Sebelum lebih jauh pada ubahannya, baik Nissan Urvan maupun Toyota HiAce di Jepang memang berstatus kendaraan kargo. Namun dengan potensi kabin lapang, tentu keduanya bisa dimodifikasi untuk kebutuhan tertentu termasuk jadi motorhome.

Detail Modifikasi Nissan Caravan MyRoom

Secara tampilan dan dimensi, baik Nissan Urvan (NV350) maupun HiAce (Commuter) cenderung memiliki desain mirip.

Tak sekadar desain mirip, baik HiAce dan Urvan NV350 memiliki dimensi yang setara

Panjang keduanya identik yakni 4.695 mm, lebar 1.695 mm dan hanya berbeda tinggi pada HiAce 1.980 mm, sementara Urvan 1.985 mm.

Modifikasi pada Nissan Caravan MyRoom ingin mengemas berbagai kegiatan mulai dari bekerja, tidur, bersantai pada satu mobil. Sehingga aplikasinya tentu bisa diterapkan juga pada kabin HiAce.

Memang generasi Nissan Urvan saat ini telah hadir cukup lama. Dan Nissan juga telah memberikan beberapa pembaruan di sana-sini seperti mesin dan pilihan warna baru, dan merilis edisi khusus seperti model Ulang Tahun ke-50.

Kabin diubah lebih nyaman dengan sisipan panel serat kayu dan furnitur modular

Urvan generasi keenam (juga disebut Caravan di Jepang) baru-baru ini diubah menjadi motorhome mewah dan nyaman. Label Caravan MyRoom seperti ingin menunjukkan jika ubahan kabin mobil ini telah dibuat proper selayaknya kamar hotel berjalan untuk perjalanan jauh.

Jadi meski eksterior Urvan ini mungkin tampak seperti kendaraan biasa tetapi masuk ke area dalam maka Anda akan disambut oleh nuansa kabin yang lega dan tampak mewah.

Kabin dilengkapi panel serat kayu dan furnitur modular, Caravan MyRoom benar-benar mengubah segalanya dengan memungkinkan kendaraan pengangkut penumpang ini memiliki ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dan ruang kerja.

Kabin all in one, ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dan ruang kerja jadi satu

Berkat furnitur modular, pengguna dapat memindahkan meja, mengatur atau melipat tempat tidur, dan bahkan menyesuaikan kursi ke posisi atau tempat yang diinginkan.

Meja itu sendiri dapat digeser ke tempatnya dan dapat dilepas untuk memberi ruang bagi tempat tidur. Nissan bahkan akan menyediakan dua jenis tempat tidur bagi pelanggannya – tempat tidur lipat dua bagian atau tempat tidur angkat sederhana.

Untuk privasi, Nissan memasang tirai kayu dan bahkan layar gulung yang memberikan tampilan dan sentuhan akhir yang lebih mewah pada kendaraan.

Ada dua jenis tempat tidur yakni model tempat tidur lipat dua bagian atau tempat tidur angkat sederhana

Terakhir, kendaraan ini dilengkapi dengan paket baterai portabel yang didaur ulang dari Nissan LEAF yang dapat memberi daya pada perangkat elektronik dan gadget melalui stopkontak AC 100V. Ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati alam terbuka saat berada di Caravan MyRoom.

Tersedia dua pilihan mesin untuk Nissan Caravan MyRoom. Pertama adalah mesin bensin 2.0L QR20DE bertenaga 130 PS dan torsi 178 Nm. Berikutnya adalah mesin turbo-diesel 2.4L 4N16 buatan Mitsubishi yang menghasilkan tenaga 132 PS dengan torsi 370 Nm.

Konsep kabin modular memungkinkan pengguna memindahkan meja, mengatur atau melipat tempat tidur dengan mudah

Kedua mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan yang menggerakkan roda belakang. Namun, opsi turbo-diesel adalah satu-satunya yang tersedia dengan sistem 4WD.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari