Sebelum Porsche, Ada Juga Insiden BMW M4 ‘Melintir’, Ini Tips Bawa Sportcar Dengan Aman

Tips bawa sportcar dengan aman

Kecelakaan tragis melibatkan sebuah Porsche Cayman, Rabu (19/6) yang dikemudikan TP (31) hingga akhirnya harus meregang nyawa setelah menabrak bagian belakang truk di kawasan Gerbang Tol (GT) Kuningan 2, Jakarta Selatan. Ini tips bawa sportcar dengan aman.

Mengutip Reel Instagram @garasi.quarter, beberapa hari sebelumnya juga terjadi kecelakaan tunggal melibatkan sebuah BMW M4 yang menabrak separator lajur bus Transjakarta di jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

Berkaca dari dua kejadian tersebut, membuat kita harus lebih waspada dalam mengemudikan mobil. Meski sebenarnya, mengemudikan sportcar sama saja dengan mengemudikan mobil lain.

Hanya saja ada beberapa hal harus kamu perhatikan mengingat tenaga dan reaksinya jauh melebihi mobil kebanyakan. Berikut tips bawa sportcar dengan aman di jalan.

1. Pelajari Spesifikasi Mobil

Pejalari spek sportcar

Sebelumnya, kamu harus tahu hal paling mendasar yakni spesifikasi mobil tersebut. Tidak hanya tenaga dan torsi, namun hal lain terkait mobil tersebut seperti dimensi, sistem rem, dan fitur yang dimiliki.

Dengan begitu secara teori kamu sudah paham mengenai supercar ini dan paham cara mengendalikannya.

2. Amati dan Pelajari

Jangan langsung ngegas begitu duduk di balik kemudi sebuah supercar. Cari posisi duduk yang paling pas dan sesuai dengan kaidah safety driving mengingat posisi duduknya yang seringkali ekstrem.

Amati seluruh bagian sekitar pengemudi, mulai dari tombol-tombol di setir, info di panel instrumen, konsol tengah serta area dasbor lainnya. Pahami cara mengoperasikan fitur-fitur di mobil sehingga tidak mendistraksi saat mengemudi nantinya.

3. Pahami Operasional Fitur Berkendara

Pahami operasional fitur berkendara

Mobil sport papan atas punya segudang fitur berkendara yang akan memberikan pengalaman unik pada pengemudinya. Cuma, kalau kamu tidak waspada bisa jadi masalah, seperti tidak sengaja mematikan kontrol traksi padahal kondisi jalan sedang hujan.

Oleh sebab itu, pastikan kamu tahu fungsi dari fitur-fitur tersebut dan cara mengoperasikannya sebelum take off.

4. Jalan Santai Dulu

Jangan langsung gas pol ya guys. Rasakan dulu respons mobil saat di jalan, seperti ketika pedal gas dan rem diinjak. Atau ketika kemudi diputar cepat, seperti apa responsnya.

Pelajari cara mengoperasikan fitur-fitur sambil melaju pelan supaya kamu paham dan tidak kesulitan saat darurat. Mobil sport punya daya pandang keluar sangat terbatas, terutama ke belakang, makanya pastikan kamu punya patokan dimensi mobil saat di jalan.

5. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Lampu lalu lintas

Bukan berarti kamu boleh melanggar aturan lalu lintas lantaran membawa sebuah mobil sport mahal. Satu hal yang sering diabaikan adalah batas kecepatan maksimal.

Walau jalan kosong sekalipun karena banyak orang #DiRumahAja, kamu tidak bisa sesuka hati memacu mobil sport di jalan. Jangan pamer juga ya guys, merasa pakai mobil mahal main potong kiri kanan tanpa memperhatikan kondisi jalan.

Apalagi kalau sampai bikin Instastory sambil melaju kencang. Ingat, posisi Anda ialah sedang berkendara di jalan raya dengan banyak orang lain di sekitar kamu dan bukan di sirkuit balap.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Jalan Tol Menuju IKN Segera Rampung, Balikpapan ke Samarinda Cuma Sejam Lebih Sedikit

Pabrik Sel Baterai Hyundai Hadir di Indonesia, Siap Salip Brand Cina?

Penjualan Mobil Honda Januari-Mei 2024 Anjlok