Ini Spesifikasi Honda Freed 2013, MPV Harga Terjangkau Yang Jadi Incaran

Disebut sebagai mobil “Keluarga Generasi Baru” saat peluncurannya, Honda Freed 2013 ini memang sangat cocok buat kamu yang sedang mencari mobil dengan kapasitas luas dengan kursi penumpang yang banyak.

Selain dimensinya yang luas, mobil yang juga dibilang sebagai pioner Multi Purpose Vehicle (MPV) pintu geser di Indonesia ini bisa kamu dapatkan dengan harga bekasnya yang cukup terjangkau. Sekadar informasi, sejak mobil ini menyapa konsumen tanah air pada Maret 2009, tampilannya berhasil menarik perhatian lantaran desainnya yang cukup modern untuk ukuran MPV.

Bahkan, tidak sedikit orang yang bilang bahwa mobil unik ini mempunyai desain seperti mobil-mobil Japanese Domestic Market (JDM). Itu tentu bukan tanpa alasan. Sebab, pada awalnya, Honda memang memasarkan mobil ini di Negeri Matahari Terbit. Sementara itu, Indonesia menjadi negara kedua yang menjual Honda Freed ini.

Selanjutnya, simak ulasan lengkap terkait spesifikasi mobil hingga harga jual yang sangat terjangkau di bawah ini.

Spesifikasi Honda Freed 2013

Mobil yang satu ini memang beda dari yang lain. Bagaimana tidak, setelah penjualan unit barunya dihentikan pada 2016, mobil Honda Freed justru kembali melambung. Bahkan, orang-orang mulai mencari mobil ini di pasar mobil bekas. Namun, sebelum membelinya, kamu perlu mengetahui spesifikasinya secara detail terlebih dulu.

1. Eksterior

Mari kita bahas mengenai eksterior pada mobil Honda Freed 2013. Bagian depan memiliki Front Grill full chrome yang dipadukan dengan Headlight Reflector serta Front Bumper yang terlihat begitu rapi. Sementara itu, desain lampu belakang modern serta Bold rear License Garnish memiliki bahan chrome.

Guna memudahkan akses keluar dan masuk pada kabin, Honda Freed ini menggunakan Power Sliding Door yang mana itu bisa dibuka dengan remote control serta One-Step Low Floor. Bagian kaki-kaki mobil ini ditunjang dengan suspensi depan McPherson Strut with stabilizer serta suspensi belakang H-Shape Torsion Beam.

2. Interior

Pada 2013, pabrikan Honda memberi penyegaran pada Honda Freed demi memberi kenyamanan secara optimal bagi pengemudi serta penumpangnya. Itu meliputi bagian gril depan yang sudah full chrome dan aksennya tebal pada bagian atas. Mobil itu juga sudah dibekali AC double blower serta power sliding door yang timeless.

Selain itu, di bangku baris kedua, terdapat arm rest sebagai pelengkap fasilitas di dalam mobil. Sementara itu, tinggi rendahnya kursi pengemudi bisa diatur secara mudah dengan fitur new seat high adjustment. Tentu ini bisa membuat pengemudi lebih nyaman.

3. Fitur

Selain eksterior dan interior yang sudah dibahas sebelumnya, Honda Freed juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang tak kalah mumpuni. Ada pula mobil ini sudah disematkan fitur-fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut.

  • ABS (Anti-lock Brake System)
  • EBD (Electronic Brake-force Distribution)
  • Keyless Entry
  • Engine Immobilizer
  • G-CON ACE
  • Dual SRS Airbags
  • BA (Brake Assist)
  • Alarm System

Performa & Dimensi

Honda Freed mempunyai mesin L15A yang mana itu berarti sama dengan sumber tenaga pada Honda Jazz. Perbedaannya, Honda Freed hanya mempunyai tenaga hingga 116 hp, sedangkan mesin Honda Jazz selisih 2 angka di atasnya. Meski begitu, Honda Freed dasarnya merupakan MPV tak membutuhkan tenaga sebesar Honda Jazz sebagai hatchback yang mengedepankan rasa berkendara sporty.

Tak berhenti di sana, Mobil Honda Freed memiliki torsi yang lebih besar, yaitu 146 Nm. Sebagai informasi, mesin L15A mempunyai konfigurasi 4-silinder segaris dengan 16 katup. Mesin berkapasitas 1.497 cc ini masih menggunakan teknologi SOHC. Untuk pasar Indonesia sendiri, mobil ini menggunakan transmisi otomatis konvensional (torque converter). Hal tersebut dianggap sedikit berbeda dengan versi Jepang yang mana menggunakan teknologi CVT.

Perlu diketahui pula bahwa semua varian Honda Freed memiliki dimensi yang seragam yaitu panjang 4.215 mm, lebar sebesar 1.700 mm, serta tinggi berukuran 1.740 mm.

Kelebihan Honda Freed 2013

Salah satu kelebihan yang dimiliki mobil Honda Freed ini ialah desainnya yang terlihat keren dan timeless. Memiliki bentuk dashboard yang futuristik serta akses penumpang yang begitu mudah lantara menggunakan sliding door.

Menariknya lagi, konsumsi BBM pada mobil ini begitu irit serta tarikannya yang begitu halus lantaran sudah menggunakan transmisi CVT dan sebagainya. Tak berhenti di sana, mobil ini dibekali dengan mesin i-VTEC 1,5 liter dengan standard Euro-4 sehingga lajunya begitu lincah serta amat ringan dikendarai. Bahkan, banyak yang bilang bahwa mobil ini juga nyaman dikendarai.

Kekurangan Honda Freed 2013

Bicara mengenai kekurangannya, Honda Freed memiliki kekurangan pada bagian bagasinya yang kecil atau bisa dibilang sempit. Memang, mobil ini merupakan MPV yang bisa mengangkut hingga 8 penumpang, Tapi, bagian bagasinya tak mendukung untuk kamu membawa banyak barang.

Meski begitu, kamu bisa menyiasatinya apabila ingin membawa banyak barang, upayakan kursi penumpang tak diisi oleh orang sehingga barang yang kamu ingin masukkan bisa dipindahkan di dalam kursi tanpa penumpang tersebut. Selain itu, fasilitas hiburan dalam mobil ini kurang mumpuni sehingga kamu perlu menambahkan fitur hiburan sendiri di dalamnya agar fasilitas yang kamu butuhkan terjamin dan bisa menambah kenyamanan penggunanya.

Harga Honda Freed 2013

Memiliki mobil bekas yang ramah keluarga ini bukan hal mustahil. Meski produksinya telah diberhentikan, siapa sangka bahwa mobil ini mempunyai prospek penjualan yang lebih menjanjikan. Untuk memboyong Honda Freed 2013 uang yang perlu disiapkan di kisaran 135 jutaan hingga 175 juta tergantung variannya.

Dengan berbagai keunggulan dan kekurangan serta harga dari Honda Freed ini apa kamu tertarik untuk membelinya?

Demikian ulasan tentang Honda Freed 2013. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

DFSK Kasih 3 Unit Transmisi CVT ke SMK 1 Glagah di Banyuwangi

Ini Penyebab Macet Horor di Kawasan Puncak Kemarin, Kendaraan Membludak!

BMW Eurokars Kebon Jeruk Resmi Dibuka, Hadirkan Layanan Offline dan Online!