Spesifikasi Lamborghini Temerario Sang Penerus Huracan Berjantung V8 PHEV

Spesifikasi Lamborghini Temerario Sang Penerus Huracan Berjantung V8 PHEV

Lamborghini akhirnya mengungkap model penerus Huracan yang telah lama ditunggu di event Monterey Car Week, California, Amerika Serikat. Ini dia spesifikasi Lamborghini Temerario sang penerus Huracan berjantung V8 PHEV.

Meskipun menjadi model paling junior di keluarga Lamborghini, Temerario sudah didukung sederet inovasi terkini mulai dari jantung pacu hingga kelengkapan sasis dan fitur di kabinnya.

Mesin Lamborghini Temerario disokong powertrain plug-in hybrid konfigurasi V8 4.0 liter dengan tenaga 920 hp. Gayanya khas Lamborghini, dan tampak seperti evolusi Huracan sementara interiornya terinspirasi oleh Revuelto yang gahar dan modern.

Sistem Penggerak Lamborghini Temerario

Mobil ini mengusung mesin 4.000cc V8 twin-turbocharged baru dibantu atensi tiga motor listrik dan baterai

Mesin 5.200cc V10 Naturally Aspirated yang telah menggerakkan mobil-mobil Lamborghini sejak 2003 sudah tidak ada lagi. Sebagai gantinya, hadir mesin 4.000cc V8 twin-turbocharged baru, yang dibantu oleh tiga motor listrik dan baterai resmi tertanam di jantung Temerario.

Mesin ini memiliki tata letak V, yang berarti turbo dipasang di antara dua bank silinder. Untuk motor listrik, satu diposisikan di antara poros engkol bidang datar mesin dan kotak roda gigi kopling ganda 8-percepatan, sementara dua lainnya dipasang di as roda depan.

Motor listrik ini digunakan untuk mengisi torsi pada putaran rendah, mengurangi turbo lag dari turbo besar bertekanan tinggi. Secara teknis, pengaturan ini memungkinkan Temerario melaju dengan kedua roda depan full listrik untuk jarak pendek, meskipun Lamborghini belum mencantumkan jarak tempuh pada mode-EV ini.

Namun, bukan hal ini saja yang menarik dari segi teknis Temerario. Sebaliknya, mesin 4.000cc baru ini tetaplah mesin beringas yang bisa digeber hingga menyentuh redline 10.000 rpm, dan diklaim Lamborghini sebagai mesin V8 terkuat dengan putaran tertinggi yang pernah dipasang pada mobil produksi.

Mesin bakar Lamborghini Temerario sudah menyemburkan tenaga 800 hp rentang 9.000-9.750 rpm

Tanpa atensi motor listrikpun, mesin ini bisa menyemburkan tenaga 800 hp di rentang 9.000-9.750 rpm, sebelum menyentuh redline pada 10.000 rpm.

Sementara itu, motor listrik yang dipasang pada kotak roda gigi menghasilkan 150 hp dan torsi 300 Nm, dengan motor yang dipasang pada as roda masing-masing menghasilkan 82 hp, yang ditenagai oleh baterai lithium-ion 3,8 kWh.

Total output sistem mencapai 920 hp dan torsi sebesar 800 Nm. Sebagai pembanding, Huracan versi STO hanya menghasilkan 640 hp. Gilanya lagi Lamborghini Temerario diklaim bisa sprint 0-100 km/jam cuma dalam 2,7 detik dan mencapai kecepatan tertinggi di atas 340 km/jam.

Baterai dapat diisi menggunakan port pengisian daya AC tradisional dengan daya hingga 7 kilowatt selama 30 menit, atau dapat juga diisi melalui pengereman regeneratif, atau langsung dari unit V8 itu sendiri.

Spesifikasi Lamborghini Temerario Bagian Sasis

Sasis baru digunakan Lamborghini Temerario berbeda dari Huracan

Lamborghini telah mengganti arsitektur serat karbon dan aluminium Huracan dengan rangka luar aluminium untuk Temerario. Mereka mengklaim desain baru ini meningkatkan kekakuan torsional hingga 20 persen dan membantu menjaga bobot tetap ringan, meski berat Temerario ini mencapai 1.715 kg.

Berat ini dapat dikurangi menjadi 1.690 kg dengan paket Alleggerita (‘ringan’) yang berorientasi sirkuit dan menghadirkan sayap belakang serat karbon, bemper unik, dan pelek serat karbon. Paket karbon tambahan menghadirkan perawatan karbon untuk diffuser belakang, cover spion, dan intake udara samping.

Temerario pada dasarnya berpenggerak AWD, tetapi tersedia juga mode drift pertama kalinya untuk Lamborghini. Mode ini yang menyalurkan tenaga ke roda belakang pada tiga tingkat tenaga yang berbeda.

Mode penggerak lainnya termasuk Citta (FWD, sepenuhnya elektrik), Strada, dan Corsa. Pengereman menggunakan rem cakram aluminium 410 mm dengan kaliper 10 pot di depan dan rem 390 mm dengan kaliper empat pot di belakang. Lamborghini mengklaim jarak pengereman 100 km/jam sejauh 32 meter untuk Temerario.

Desain eksterior Lamborghini Temerario

Garis desainTemerario tetap mudah dikenali sebagai trah Lamborghini

Melihat sekilas tampilannya saja sudah cukup untuk memberi tahu Anda bahwa tidak ada yang pas di kap Temerario selain logo Lamborghini. Ada hubungan visual yang jelas antara Temerario dengan Huracan dan Gallardo sebagai pendahulunya.

Namuin model ini dipastikan sepenuhnya desain yang sama sekali baru, bahkan mengingatkan pada Revuelto dalam beberapa aspek.

Fascia Temerario menampilkan lampu depan LED ramping dan menyapu ke belakang di kedua sisi kap mesin (tampak mirip dengan Ferrari SF90) dan lampu DRL LED berbentuk segi enam terpisah yang dipasang di bumper.

Kap mesin dan lengkungan roda yang melebar tidak banyak berubah dari Huracan, tetapi bemper tampak lebih tajam dengan motif segi enam dan juga dilengkapi splitter depan serat karbon.

Desain Lamborghini Temerario dilihat dari atas

Faktanya, motif segi enam dapat terlihat tersebar di seluruh mobil – dalam bentuk intake udara, kaca spion, lampu belakang, outlet knalpot belakang yang dipasang di tengah, dan bahkan dalam desain velg.

Dilihat dari samping, Temerario menampilkan garis-garis khas mobil super dengan ventilasi di atas spatbor belakang untuk menyalurkan udara ke ruang mesin, tetapi yang baru pada Huracan adalah ventilasi aerodinamis besar tepat di depan roda belakang. Temerario memiliki velg berukuran 20 dan 21 inci dengan opsi forged atau serat karbon.

Di bagian belakang, Anda akan disambut dengan ruang mesin berlubang dengan sisi-sisi yang dilengkapi lebih banyak ventilasi udara. Atapnya memiliki profil cekung yang mengarahkan udara ke spoiler belakang, dan yang paling menonjol adalah bagian cekung di bumper belakang yang memperlihatkan roda belakang.

Bagian bawah bodi mobil dilengkapi generator pusaran untuk aliran udara yang ‘optimal’ menuju diffuser yang agresif. Secara keseluruhan, mobil ini diklaim 103 persen lebih efisien secara aerodinamis daripada Huracán Evo, dan 158 persen lebih efisien dengan Lightweight Pack.

Desain Interior Lamborghini Temerario

Desain interior Lamborghini Temerario

Mengenai interiornya, mobil ini sangat mirip dengan Revuelto dengan kokpit bertema jet tempur khas Lamborghini. Pengemudi mendapatkan kluster instrumen digital 12,3 inci, terdapat layar mengambang 8,4 inci di bagian tengah, dan layar ramping tambahan 9,1 inci untuk penumpang.

Di sini juga, terdapat banyak motif heksagonal, seperti pada ventilasi AC bagian luar, beberapa sakelar, dan bahkan pada grafis sistem infotainment. Seperti biasa, konsol tengah tetap menggunakan tombol penggerak dan pemilih mode serta tombol start/stop bergaya jet tempur.

Lamborghini mempertahankan sakelar fisik untuk fungsi-fungsi utama pada roda kemudi dan konsol tengah, sementara sebagian besar fungsi sekunder lainnya ditempatkan di layar.

Perusahaan mengatakan fokus utama interior Temerario adalah kenyamanan. Sasis baru menyediakan ruang kepala ekstra 34 mm – yang dikatakan cukup untuk memungkinkan pengemudi dengan postur cukup tinggi termasuk ketika mengenakan helm plus ruang kaki ekstra 46 mm.

Jok standarnya diklaim nyaman juga bisa dipanaskan dan berventilasi serta menawarkan penyesuaian elektrik 18 arah. Fituir lain di kabin ialah fitur telemetri onboard, dashcam, dan navigasi bermodel Augmented Reality. Terakhir Lamborghini mengatakan juga memiliki ruang bagasi lebih besar daripada Huracan

Spesifikasi Lamborghini Temerario akan resmi dijual mulai paruh kedua tahun 2025. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari