Sssttt….Citroen Basalt Bakal Unjuk Gigi di Jakarta

Citroen Basalt Bakal Unjuk Gigi di Jakarta

Citroen tidak saja memberi banyak kejutan di negera asalnya Perancis saat perhelatan Paris Motor Show 2024 lalu. Buktinya Citroen Indonesia diprediksi akan membawa kejutan baru dengan menghadirkan Citroen Basalt.

Citroen Basalt bakal unjuk gigi di Jakarta pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 mendatang. Meski agak mengejutkan, mobil sarat inspirasi ini jelas spesies unik yang bisa ditawarkan untuk konsumen.

Citroen Basalt memang memiliki keunikan tersendiri bagi Antoine Gaillot Drevon, Master Exterior Designer dari Stelantis Design Center, Velizy, Perancis.

Sudut-sudut halus yang terlihat kokoh tergambar jelas pada bentuk bodi, yang semakin menegaskan bahwa Citroen Basalt memiliki karakter sebuah SUV-Coupe.

Bagian paling menantang saat realisasi desain ada di atap baris kedua. Dan karena mengusung desain Coupe maka headroom yang tersaji terasa sempit, namun designer dan bagian teknik berkolaborasi mencari solusi.

Langkah yang dilakukan ialah dengan mengoreksi bagian jok belakang yang dapat di atur tingkat ketinggiannya, ini dilakukan agar mekanikal pintu hatchback tetap menjadi satu bagian saat terbuka.

Eksterior dan Desain Interior Citroen Basalt

Basalt memiliki dasar yang sama yang diekspos C3 Aircross.

Basalt memiliki dasar yang sama yang diekspos C3 Aircross. Meski tampilan cukup mirip dengan SUV, perubahan terbesar ada pada profil dan bagian belakang.

Mobil ini memiliki garis atap miring yang unik, velg baru, lampu belakang LED yang didesain ulang, dan bemper belakang dua warna yang tebal.

Basalt tersedia dalam lima pilihan warna monoton – Polar White, Steel Grey, Platinum Grey, Cosmo Blue, dan Garnet Red. Pilihan cat putih dan merah juga dilengkapi atap hitam kontras.

Di bagian dalam, Basalt menggunakan dasbor dari C3 Aircross dan sandaran kepala belakang berkontur. Namun, penyangga paha yang dapat disesuaikan untuk kursi belakang merupakan fitur pertama di kelasnya. Basalt memiliki kapasitas bagasi 470 liter.

Fitur dan keselamatan Citroen Basalt

Fitur yang ditawarkan meliputi sistem infotainment layar sentuh 10,2 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, kluster instrumen digital, kontrol iklim otomatis, velg alloy berpotongan berlian 16 inci, dan ventilasi AC belakang.

Di sisi keselamatan, mobil ini dilengkapi enam kantung udara, kontrol stabilitas elektronik, kamera parkir belakang, dan sistem pemantauan tekanan ban.

Mesin Citroen Basalt

Basalt di India menggunakan dua pilihan mesin bensin 1.2 liter yangmana unit naturally aspirated bertenaga 82 Hp, dan torsi 115 Nm sementara mesin turbo-bensin bertenaga 110 Hp.

Mesin turbo-bensin dipadu dengan transmisi manual 6-percepatan (menghasilkan torsi 190 Nm) atau transmisi otomatis konverter torsi 6-percepatan (menghasilkan torsi 205Nm), lalu unit NA menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

Sebenarnya model ini sudah rilis di India, dan Brasil sedangkan di Indonesia, mock-up nya akan diperkenalkan pada GJAW 2024. Kita tunggu saja penampilan resminya! Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Geber Promo Harga Nissan Serena e-Power di Semarang

4 Cara Merawat Kaca Helm Agar Tidak Buram

Alamat Diler Wuling BSD dan Bekasi Terbaru, Lengkap Dengan Fasilitas Fast Charging