Suzuki Fronx Uji Jalan di Indonesia, GIIAS 2024 Jadi Panggungnya

Suzuki Fronx sedang uji jalan di Indonesia. Foto: Istimewa

Beberapa hari yang lalu terlihat Suzuki Fronx uji jalan di Indonesia. Lokasi tepatnya ada di salah satu wilayah kawasan industri di Jawa Barat.

Jelang event akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampaknya akan memberikan kejutan. Diprediksi akan meluncurkan salah satu mobil baru yaitu Suzuki Fronx.

Yup, prediksi tersebut bisa terwujud karena terlihat Suzuki Fronx uji jalan di Indonesia ditutupi stiker kamuflase. Meski tidak tertutup rapat seluruh bagian mobilnya, dari lekuk bodi, gril serta headlamp, memprediksi kuatnya dugaan mobil tersebut Suzuki Fronx yang sudah mengaspal terlebih dahulu di India.

Soal harga, Suzuki Fronx yang sudah dijual resmi untuk pasar India pada April 2023 lalu banderolnya mulai Rp 134 jutaan untuk varian mesin 1.2 liter dan Rp 175 jutaan khusus yang bermesin 1.0 Liter Turbo.

“Kita masih sesuai info pas presscon GIIAS kok. Bintangnya masih mobil konsep, hehehe” kelakar Zulfikar Rafi Al Ghani atau akrab disapa Gani selaku Public Relations PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi Selasa (16/7).

Fronx sendiri, pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Auto Expo India yang berlangsung Januari 2023. Dilihat dari dimensi dan mesinnya, SUV berlogo S ini memiliki spesifikasi yang pas untuk jadi rival Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Tanah Air.

Buat yang belum tahu, Fronx merupakan SUV Suzuki yang belum pernah ada sebelumnya. Mobil ini sesungguhnya mengambil basis dari Baleno. Maka dari itu, banyak media yang menyebutnya sebagai Baleno SUV atau Baleno Crossover.

Prediksi Spesifikasi Suzuki Fronx di Indonesia

Jika mengacu pada spesifikasi Suzuki Fronx di India, menurut pernyataan resmi Suzuki di laman Nexa Experience, Fronx dirancang sebagai sebuah crossover. Desainnya terinspirasi Suzuki Grand Vitara dan Baleno. Memang hal ini sangat terlihat jelas di bagian depannya, kombinasi tersebut membuatnya tampil maskulin, tapi tetap manis dilihat.

Terlihat di tampilan depan, mobil mengusung grille jaring yang didesain dengan aksentuasi krom, DRL LED, dan bumper cukup besar dengan lampu di atasnya. Sentuhan macho pada ekteriornya juga terlihat penggunaan overvender berwarna hitam hingga roof rail yang belum diketahui fungsinya, apakah hanya aksesoris semata atau atau bisa digunakan sebagai pembawa roofbox?

Bicara dimensi eksterior, Suzuki Fronx panjangnya cuma 3.995 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 2.520 mm. Kemudian untuk rodanya pakai velg 16 inci dengan band 195/60 R16. 

Untuk konfigurasi joknya cuma cukup untuk 4-orang, ini tampak dari kehadiran 4 head rest, dua di depan dan dua di belakang. Lalu bicara bagasi, cuma muat barang 308 liter.

Bicara fitur, mobil tersebut memiliki head unit berukuran 9 inci dengan dukungan sistem SmartPlay. Ada pula konektivitas ke Android Auto dan Apple CarPlay. Hadir fitur AC digital, wireless charging, keyless entry dengan tombol Start/Stop, paddle shift, hingga cruise control.

Sementara untuk fitur keselamatannya, di tipe tertinggi terdapat 6 titik airbag, Hill Hold Control, ESP atau Electronic Stability Program, reverse parking sensors dengan bantuan kamera 360, dan sistem pengereman yang sudah ABS dan EBD.

Moladiners, itulah informasi Suzuki Fronx uji jalan di Indonesia. Apakah SIS akan meluncurkannya di GIIAS 2024? Simak terus Youtube channel Moladin & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

2 Varian dan Harga Neta X Akan Rilis Minggu Depan, Lebih Murah Dari Pre-book di GIIAS 2024?

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia