Tesla Resmi Perkenalkan Robotaxi Cybercab di California, Mobil Tanpa Setir

Tesla akhirnya mengungkapkan wujud dari Robotaxi Cybercab yang telah lama dinanti pada 11 Oktober 2024 ini. Peluncuran ini digelar di Warner Bros. Discovery movie studio lot, California, setelah berbulan-bulan spekulasi dan janji yang sempat meleset.

CEO Tesla, Elon Musk, sebelumnya menjanjikan peluncuran pada 8 Agustus 2024, namun tertunda hingga bulan Oktober. Robotaxi Cybercab ini memiliki desain futuristik dengan satu baris kursi untuk dua penumpang, pintu model butterfly, dan roda belakang yang cukup besar dengan penutup roda dop yang unik di setiap sudutnya.

Menariknya, mobil ini tidak memiliki instrumen tradisional seperti setir pada kendaraa umumnya. Pada saat demonstrasi di area studio, Musk terlihat santai duduk dalam kendaraan, sementara kendaraan otonom ini membawanya menuju panggung.

Meski dalam lingkungan yang terkendali, area tersebut dirancang agar menyerupai jalan-jalan nyata, lengkap dengan rambu-rambu, bus, hingga pengendara sepeda.

Musk mengklaim bahwa Cybercab akan dibanderol di bawah $30,000 atau setara cuma Rp 460 jutaan dan mulai diproduksi sekitar tahun 2026. Ia juga mengungkapkan bahwa kendaraan ini menggunakan teknologi pengisian daya induktif, berbeda dengan metode pengisian kabel yang umum.

Musk optimis bahwa kendaraan otonom sepenuhnya dapat beroperasi tanpa pengawasan di jalanan umum di Texas dan California pada tahun 2025.

Selain Cybercab, Tesla juga memamerkan konsep kendaraan otonom lainnya, yaitu Robovan, yang mampu menampung hingga 20 penumpang. Demikian ulasan Robotaxi Cybercab. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Kia Resmikan Pabrik Baru Untuk Produksi Mobil Listrik, Kapasitas Produksi Tembus 150 Ribu Unit!

Pilihan Rute Alternatif Menuju GIIAS Semarang 2024

Rolls-Royce Ghost Series II Meluncur, Model V12 Tercanggih Sarat Teknologi