Tips Mencegah Rem Mobil Blong Mulai Penyebab dan Cara Mencegahnya

Tips mencegah rem mobil blong

Berikut kami ulas tips mencegah rem mobil blong mulai indikasi penyebab dan cara mencegahnya. Ini penting untuk disimak untuk menghindari kecelakaan.

Pasalnya sistem pengereman menjadi salah satu komponen vital yang sering kali terabaikan saat berkendara. Walau disadari kuncinya penting terhadap keselamatan di jalan.

Beberapa kasus kecelakaan belakangan ini terang-terangan menyebut faktor rem blong menjadi biang kecelakaan. Rem penting tak saja bagi kita bersama mobil yang kita kendarai tetapi juga bagi pengguna jalan yang lain.

Termasuk saat ini di tengah cuaca yang mudah berubah, kondisi jalan dinamis dan macet, hingga muatan mobil full, membuat komponen mobil wajib bekerja keras dalam jangka waktu lama.

Masalah besar pada rem yang dapat berdampak negatif adalah mengalami malfungsi hingga akhirnya blong. Dalam banyak kasus, rem blong banyak memakan korban jiwa dan materi. Padahal rem blong dapat dicegah jika kamu paham penyebabnya.

Kesalahan Aplikasi Rem

pengecekan rutin rem mobil

Rem terlalu panas saat menempuh perjalanan jauh dan panjang, dapat menurunkan kinerja rem mobil. Untuk itu disarankan berhenti setiap 2 jam untuk mengistirahatkan tubuh serta memberi waktu komponen mobil khususnya rem cooling down.

Biasanya pula, mobil sering mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah besar dan berat. Alhasil, rem bekerja ekstra saat mengurangi laju mobil. Dalam jangka panjang dapat membuat cairan dan kampas rem mengalami overheat yang berakhir malfungsi.

Kondisi kian diperburuk oleh perilaku mengemudi yang sembarangan di jalan. Seperti menyerobot antrean ketika macet atau zig-zag di jalan tol saat mendahului mobil lain. Perilaku seperti ini membuat rem bekerja keras hingga akhirnya tidak sanggup lagi bekerja.

Rem blong bisa terjadi ketika Anda terus memaksa mengerem penuh di jalan menurun yang panjang atau terjal. Ditambah muatan mobil penuh, beban kerja rem lebih berat sehingga terjadi rem blong. Kendala ini semakin terasa pada mobil dengan transmisi otomatis atau matik yang minim engine brake.

Kebiasaan menginjak pedal rem saat tidak dibutuhkan dalam jangka waktu panjang bisa menjadi penyebab rem blong karena panas akibat gaya gesek tersimpan di kaliper rem. Saat dibutuhkan, kampas rem tidak bisa menekan cakram atau teromol karena sudah terlalu panas.

Masalah Teknis yang Ditimbulkan

Mengulas tips mencegah rem mobil blong tentunya juga harus menginformasikan pemicu dari sisi teknisnya. Dua masalah utama sebagai pemicu rem malfungsi yaitu vapor lock dan overheat.

Vapor lock merupakan kondisi suhu rem menjadi terlalu panas karena diinjak terlalu lama sehingga menyebabkan minyak rem mendidih, menghasilkan uap air atau vapor lock, dan memicu rem blong.

Sementara kampas rem overheat adalah kondisi dimana kampas rem mobil terlalu panas karena terus menerus melakukan pengereman. Akibatnya, kampas rem tidak bisa mencengkeram teromol atau cakram rem lantaran koefisien gesek menurun drastis sehingga laju mobil tidak terkendali.

Bagian Yang Harus Dicek Untuk Mencegah Rem Blong Pada Mobil

Ini dia tips mencegah rem blong mobil agar berkendara lebih aman dan bisa terhindar dari kecelakaan. Berikut bagian apa saja yang perlu dicek:

  • Perhatikan kondisi cairan rem
  • Periksa tabung cairan rem
  • Periksa kampas rem
  • Cek ketingian rem tangan
  • Servis berkala rem mobil di bengkel resmi.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Ternyata Begini Cara Kerja Airbag di Mobil, Dari Diam Sampai Mengembang

AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding, Ini Dia Juaranya

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik