Toyota Camry Generasi ke-9 Sudah Merapat, Siap Meluncur di Waktu Dekat?

Toyota Camry Generasi ke-9 Sudah Merapat

Toyota Camry generasi ke-9 sudah merapat dan bersiap untuk memulai debut perdana di Asia Tenggara. Yups Big Sedan ikonik Toyota tersebut sudah resmi hadir di negara tetangga Singapura.

Di pasar Tanah Air sendiri, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih tetap menjual lini sedan di tengah gempuran SUV, termasuk Camry gen-8. Ada Camry bermesin bakar biasa yang dijual mulai Rp 809,8 juta dan Camry HEV yang dijual Rp 945,4 juta.

Penampilan Toyota Camry generasi ke-9 ini adalah runutan penetrasi pasar setelah debut globalnya di Amerika Utara tahun lalu. Dan kini mobil tersebut akhirnya melintasi Pasifik dan menuju Asia Tenggara.

Toyota telah mengungkap Camry generasi ke-9 di Singapura, yang menjanjikan penyempurnaan lebih tinggi dalam aspek dinamika berkendara maupun sistem hibridanya.

Dimensi dan Gaya Camry Gen-9

Fascia model “kepala martil” turut diusung Camry baru yang 35 mm lebih panjang dibanding pendahulunya

Dari segi ukuran, Camry baru akan berukuran panjang 4.920 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.455 mm, dan jarak sumbu roda 2825 mm. Ini membuat Camry generasi ke-9 lebih panjang 35 mm dari pendahulunya dengan jarak sumbu roda melar 5 mm memberikan lebih banyak ruang untuk kabin dan kompartemen.

Seperti yang terlihat pada Camry di pasar Amerika Utara, maka Camry spesifikasi Singapura juga menampilkan desain “kepala martil” di bagian depan yang pertama kali terlihat di Prius terbaru.

Headlamp didesain pipih dengan DRL LED berbentuk C, dan gaya itu berlanjut hingga ke buritan dengan lampu belakang yang disertai revisi bumper belakang lebih dinamis.

Kabin dan Mesin

Nuansa kabin Toyota Camry gen-9 lebih modern

Di bagian dalam, Camry baru ini dilengkapi dua layar 12,3 inci – satu untuk kluster instrumen digital, dan yang lainnya untuk sistem infotainment yang dipasangkan dengan audio sistem yang didukung 9 speaker dari JBL.

Kenyamanan lain di kabin meliputi jok kulit, AC climate control tiga zona, panoramic sunroof, fungsi sandaran kursi belakang elektrik, pelindung matahari belakang, serta panel sentuh yang dipasang di sandaran tangan belakang untuk mengontrol fungsi kabin.

Camry masih menggunakan mesin empat silinder Atkinson cycle 2.5 liter

Seperti Camry generasi saat ini, model baru ini ditenagai oleh A25A-FXS. Mobil ini masih menggunakan mesin empat silinder Atkinson cycle 2.5 liter, tetapi sekarang dipasangkan dengan dua motor listrik untuk menghasilkan total 228 PS. Sistem hibrida menggunakan baterai lithium-ion dan mentransfer daya ke roda depan via tranmisis otomatis CVT hibrida.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Buritan Camry gen-9

Camry baru juga dilengkapi dengan 8 kantung udara standar, dan Toyota Safety Sense terbaru yang dilengkapi dengan sejumlah sistem keselamatan aktif seperti AEB, adaptive cruise, lane tracing, dan auto high beam.

Pasar Singapura mungkin telah menjadi yang pertama memiliki Camry di kawasan ASEAN, dan kami memprediksi mobil ini juga akan segera merapat di Indonesia. Mengingat pemain di segmen ini sedikit dan Camry memiliki pamor kuat di segmen tersebut.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari