Toyota Corolla Altis Diam-diam Ganti Mesin 1.6L Dengan Mesin 1.8L

Toyota Corolla Altis Diam-diam Ganti Mesin 1.6L

Toyota Corolla Altis menerima pembaruan (sangat) senyap beberapa bulan lalu. Model itu pertama kali terlihat di Thailand dan sontak bikin tercengang karena hadir tanpa banyak kehebohan.

Untuk Toyota Corolla Altis 2024, tercatat sudah menerima beberapa perubahan desain di sana-sini. Mobil ini juga menerima beberapa pembaruan interior agar tetap mutakhir. Namun, ternyata, Altis juga mengalami beberapa perubahan di balik kap mesin.

Untuk waktu yang lama, Altis dan hampir semua Corolla dari 35 tahun terakhir memiliki mesin 1.6 liter. Sekarang, hal itu tidak berlaku lagi.

Ukuran mesin terkecil yang bisa Anda dapatkan dalam model ini adalah 1.8 liter. Sekali lagi, ini adalah pembaruan yang paling senyap, tetapi tetap saja merupakan pembaruan signifikan.

Potensi Tenaga Toyota Altis Baru

Konfigurasi mesin lebih besar, tenaga dan torsi Altis naik

Peningkatan kapasitas mesin berarti sedikit lebih bertenaga. Mesin 1.6 liter yang dikenal bandel menghasilkan 121 hp dan torsi 153 Nm, tidak terlalu banyak mengingat ukurannya.

Kini dengan mesin 1.8 liter, tenaganya naik menjadi 138 hp dan torsi 172 Nm. Itu berarti mesin ini memperoleh 17 hp dan torsi 19 Nm lebih banyak dari mesin 1,6 liter lama. Meskipun tidak sporty sama sekali, mesin ini merupakan peningkatan tenaga yang disambut baik.

Mesin ini tersedia dalam dua varian Corolla Altis. Mesin 1.8 E tingkat pemula dilengkapi dengan mesin yang lebih besar, serta mesin 1.8 GR-S. Perlu dicatat bahwa varian hibrida, GR-S HEV, malah masih mempertahankan powertrain-nya. Semua model menggunakan transmisi CVT.

Dengan demikian, kelas sedan 1.6 liter tidak ada lagi di Thailand yang kemungkinan juga bakal merambah ke nagara-negara tetangga termasuk Indonesia.

Toyota Corolla Altis GR Sport

Toyota Corolla Altis adalah mobil terakhir yang menggunakan mesin seperti itu, karena sebagian besar pesaingnya sudah tidak ada lagi. Para pesaing Altis umumnya menggunakan mesin yang lebih besar (Mazda 3), atau beralih ke mesin 1.5 liter turbocharged (Civic).

Hilangnya mesin 1.6 liter merupakan akhir dari sebuah era, dan sepertinya kita tidak akan pernah melihatnya lagi.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Honda Memulai Penelitian Bersama Teknologi AI dengan Institut Teknologi India

Cina Negara Pertama Menjual Lebih Dari Satu Juta Mobil Listrik Dalam Satu Bulan

Fitur Hyundai Bluelink Stolen Vehicle Bikin Maling Gigit Jari