Toyota Starlet Akan Dihidupkan Kembali Tanpa Bantuan Suzuki

Toyota Starlet Akan Dihidupkan Kembali Tanpa Bantuan Suzuki

Hatchback populer Toyota Starlet memang sudah melewati masa keemasan, dan kini tinggal sedikit yang masih menggunakan mobil ini. Namun rencananya Toyota Starlet akan dihidupkan kembali tanpa bantuan Suzuki.

Yups seperti kita tahu, versi modern dari Starlet pada dasarnya ialah Suzuki Baleno yang diberi merek baru dan hanya ditawarkan di beberapa wilayah tertentu.

Namun, laporan dari Jepang mengklaim bahwa Starlet generasi mendatang akan menjadi usaha murni Toyota. Selain juga disiapkan model yang lebih gahar dalam versi GR.

Majalah otomotif Jepang BestCar mengatakan bahwa Toyota Starlet generasi baru saat ini sedang dikembangkan. Mobil ini akan menggunakan platform yang sama dengan Toyota Yaris versi Jepang/Eropa/Oseania, bukan model berbasis Daihatsu.

Dikatakan jika mobil ini akan lebih pendek dari Yaris, mungkin dari sisi dimensi akan berada di antara kei car dan hatchback subkompak.

Gazoo Racing dikabarkan ambil bagian dalam pengembangan Toyota Starlet baru

Namun, inilah bagian yang menyenangkan: Gazoo Racing dilaporkan terlibat dalam rencana menghidupkan kembali Starlet. Belum ada informasi spesifik, tetapi divisi tuning (dan balap) internal (GR) dikatakan menginginkan versi reli. Anggap saja ini adalah GR Yaris junior.

Telah dilaporkan bahwa Gazoo Racing tengah mengembangkan Toyota Starlet untuk balapan kelas Rally 4. Aturan mengharuskan mobil ini hanya berpenggerak dua roda, menggunakan mesin turbo 1.100cc (atau lebih kecil), dan memiliki bobot minimal 1.080 kg.

Toyota disebutkan begitu antusias dan berencana untuk mengikuti kelas rallt tersebut. Namun mereka juga diharuskan untuk membuat sebanyak 2.500 unit Starlet versi jalan raya dari mobil yang akan dilombakan.

Belum ada informasi spesifik, tetapi BestCar memiliki beberapa prediksi. Sejalan dengan aturan Rally4, GR Starlet mungkin hanya berpenggerak roda depan.

Mobil ini dapat menggunakan jantung yang lebih kecil dari GR Yaris 1.600cc 3 silinder turbo, dan tenaganya dapat dibatasi hingga 150 hp. Mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi memasukkan tenaga sebesar itu ke dalam hatchback seukuran Wigo terdengar cukup menarik.

Toyota belum mengungkapkan detail lanjutan, tetapi dikatakan akan diluncurkan pada tahun 2026. Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

DFSK Kasih 3 Unit Transmisi CVT ke SMK 1 Glagah di Banyuwangi

Ini Penyebab Macet Horor di Kawasan Puncak Kemarin, Kendaraan Membludak!

BMW Eurokars Kebon Jeruk Resmi Dibuka, Hadirkan Layanan Offline dan Online!