6 Penyebab Charger HP di Mobil Tidak Berfungsi, Pakai Kabel Berkualitas!

Ada beberapa penyebab charger HP di mobil tidak berfungsi

Berikut kami ulas beberapa penyebab charger HP di mobil tidak berfungsi. Salah satu diantara indikatornya adalah kabel charger yang rusak.

Charger HP di mobil menjadi salah satu fitur penting bagi pengemudi dan penumpang yang ingin tetap terhubung saat bepergian. Namun begitu, dibeberapa kasus charger HP di mobil jadi tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali tidak bisa digunakan.

Langsung saja, mari kita simak ulasan beberapa penyebab charger HP di mobil tidak berfungsi berikut ini:

1. Port Charger Kotor Atau Rusak

Penyebab charger HP di mobil tidak berfungsi yang pertama adalah port charger kotor atau rusak. Debu, kotoran, atau serpihan dapat terjebak di dalam port charger yang bisa menghalangi aliran listrik untuk mengisi daya di gadget.

Untuk mengatasinya, bersihkan port charger dengan hati-hati menggunakan sikat lembut atau kain bersih. Jika setelah membersihkan port charger masalah masih bermaslah maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Kabel Charger Rusak

Jika mengisi daya dengan charger di mobil tidak bisa, coba periksa dahulu kabel charger yang digunakan. Sangat mungkin bahwa akar permasalahannya berada pada kabel charger yang sebenarnya sudah rusak.

Kabel yang sering digunakan serta tidak disimpan dengan baik dapat mengalami aus, patah, atau korsleting di beberapa titik. Jika menemukan kerusakan pada kabel maka segera ganti dengan kabel charger yang baru.

3. Kabel Penghubung Longgar

Penyebab charger HP di mobil tidak berfungsi selanjutnya bisa disebabkan kabel penghubung yang tidak tepat atau longgar. Melakukan pemeriksaan terhadap kabel penghubung perlu dilakukan. Pastikan bahwa kabel penghubung terhubung dengan kuat ke charger dan port charger mobil.

Jika kabel penghubung longgar maka jangan heran kalau arus listrik tidak akan mengalir dengan baik.

4. Fuse Putus

Fuse atau sekring dalam sistem pengisian daya mobil bertindak sebagai pelindung jika ada gangguan atau lonjakan arus yang dapat merusak sistem. Jika charger HP di mobil tidak berfungsi maka pemeriksaan pada bagian fuse perlu dilakukan.

5. Kompatibilitas Tidak Cocok

Tidak semua charger HP cocok digunakan pada mobil yang Anda miliki. Beberapa charger mungkin memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan mobil. Itu sebabnya perlu memastikan bahwa charger yang digunakan kompatibel dengan sistem pengisian daya di dalam mobil.

Periksa juga petunjuk penggunaan charger atau cari tahu informasi kompatibilitas yang tepat untuk memastikan bahwa charger yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

6. HP Bermasalah

Penyebab charger HP di mobil tidak berfungsi berikutnya bisa jadi bukan dari charger di mobil atau kabelnya. Ada kemungkinan juga masalah sebenarnya dari HP.

Sangat mungkin ada software atau port charger pada HP mengalami kerusakan. Kalau ini yang terjadi maka jelas saja Anda tidak bisa melakukan pengisian daya baterai seperti biasanya. Jika hal ini terjadi, tentu Anda perlu membawa HP ke tempat servis tepercaya untuk diperbaiki.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

Bocoran Honda HR-V Hybrid Siap Meluncur di Indonesia

Pentingnya Mengganti Oli Gardan pada Motor Matic, Ini Dampaknya Lalai

Bocoran Hyundai Santa Fe Hybrid 2025 Diungkap Pabrikan, Ini Kisaran Harganya!