Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Moda Bus, Kereta Api dan Kapal Laut

Berikut cara daftar mudik gratis Kemenhub 2023 yang bisa dimanfaatkan masyarakat Jakarta khususnya untuk pulang ke kampung halaman dengan aman dan tertib. Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di tahun ini, kembali membuka program yang memudahkan warga Jakarta untuk bisa mudik.

Menariknya program mudik ini melibatkan semua sektor moda transportasi mulai dari darat, laut, serta kereta api. Hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada lebaran 2023.

Selain itu, juga untuk menekan angka kecelakaan sepeda motor yang berpotensi tinggi. Pasalnya, motor sendiri menjadi moda kedua paling favorit yang digunakan masyarakat saat perjalanan masa mudik Lebaran, setelah mobil pribadi. Sebab diprediksi akan ada 25,13 juta orang atau 20,3% pengguna sepeda motor, dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Terkait program mudik gratis Kemenbhub 2023 diklaim lebih aman, lantaran untuk jalur darat misalnya, masyarakat akan naik bus. Sementara sepeda motornya juga bisa ikut mudik dengan truk.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto menjelaskan saat ini masyarakat sudah bisa mendaftar bila tertarik ikut. Kemudian, bisa melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan. Sementara, untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di 5 titik antara lain GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Terminal Kayuringin Bekasi. Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem MitraDarat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Cara Daftar Mudik moda Bus, Kereta Api dan Kapal Laut

Program Mudik Gratis Kemenhub 2023

Khusus kereta api dan kapal laut, pendaftaran dan registrasi mudik gratis Kemenhub 2023 dilakukan secara online melalui https://mudikgratis.dephub mulai 23 Maret – 5 April 2023. Lalu untuk verifikasi pendaftaran mulai pada 25 Maret – 7 April 2023.

Kalau mau tahu cara daftarnya, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk ikut program mudik gratis Kemenhub 2023:

  • Buka situs https://mudikgratis.dephub.go.id/
  • Pilih menu “Daftar Kereta Api” atau “Daftar Untuk Laut”
  • Lakukan daftar atau masuk akun
  • Klik pada menu “Pendaftaran”
  • Isi Form Pendaftaran Peserta dengan mengikuti beberapa data berikut:
  • Cek kuota perjalanan dengan mengisi asal dan tujuan serta tanggal mudik/balik
  • Isi informasi data diri peserta serta dokumen pendukung
  • Isi informasi data kendaraan beserta dokumen pendukung

Selanjutnya informasi tiket akan ditampilkan dan peserta bisa review data pendaftaran. Resume pendaftaran berhasil tersimpan dan bisa melakukan verifikasi pendaftaran.

Sedangkan untuk bus, Kemenhub mengimbau agar masyarakat mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di 5 titik antara lain GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Terminal Kayuringin Bekasi.

Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem MitraDarat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Demikian ulasan cara daftar mudik gratis Kemenhub 2023 dengan Bus, Kereta Api, dan Kapal Laut. Simak terus Moladin.com untuk udpate beria terbaru seputar otomotif.

Related posts

Wacana Surat Tilang ETLE Dikirim Via WhatsApp, Ini Kata Kakorlantas Polri

Tes Lengkap Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition, SUV Terkencang Versi Moladin?

Kenalan Langsung Dengan Geely Zeekr 007, Spesifikasi Gila Desain Luar Biasa