Fisker Ocean, Mobil Listrik Terbaru untuk Paus Fransiskus

Fisker Ocean brand otomotif Amerika Serikat (AS) menawarkan untuk membuat mobil terbaru untuk Paus Fransiskus. Pendiri Fisker Automotive, Henrik Fisker datang langsung ke Vatikan untuk mempresentasikan produk mobil tersebut ke Paus Fransiskus.

Henrik Fisker didampingi istrinya yang juga cofounder dan CFO Fisker Automotive saat menjelaskan konsep Popemobile kepada Paus Fransiskus. Popemobile atau mobil dinas Paus terbaru nantinya berbasis SUV, dinamai Fisker Ocean.

Seperti mobil-mobil Paus sebelumnya, kendaraan bertenaga full elektrik ini akan memiliki kubah kaca besar, yang biasa digunkaan untuk menyapa umat Katolik.

Tidak hanya ramah lingkungan dari sisi penggerak, mobil ini juga dibekali dengan spesifikasi interior yang dibuat dari bahan daur ulang. Misalnya karpet mobil yang terbuat dari olahan limbah botol plastik.

“Merupakan suatu kehormatan untuk melakukan audiensi pribadi dengan Paus Fransiskus,” kata Henrik Fisker dikutip laman Motor1, Senin, (24/5/2021).

“Dia sangat menyadari tanggung jawab yang kita miliki terhadap lingkungan dan generasi yang akan datang. Saya tidak sabar untuk memproduksi Popemobile listrik murni.”

Mobil listrik Fisker Ocean bukanlah mobil nol emisi pertama yang dipakai oleh Paus Fransiskus. Sebelumnya Paus juga pernah dipinjamkan Mercedes-Benz EQ Smart Forfour. Dan yang terbaru sebelumnya pada Oktober 2020, Paus Fransiskus juga menaiki Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen.

“Saya terinspirasi ketika saya membaca bahwa Paus Fransiskus sangat peduli terhadap lingkungan dan dampak perubahan iklim pada generasi mendatang,” kata Henrik Fisker.

Mobil Fisker Ocean khusus ini rencananya akan diberikan kepada Paus pada tahun 2022 mendatang. Saat ini baru akan masuk proses produksi.

Nantinya, bagi perusahaan Fisker Mobile, unit tersebut akan menjadi SUV prototype pertama seri Ocean yang akan diperkenalkan massal pada 17 November 2022 mendatang.

Meski begitu, di AS mobil tersebut juga sudah dilepas kepasaran dan saat ini diklaim sudah menerima lebih dari 16.000 pesanan.

Harga Fisker Ocean dan Daya Jelajah yang Menyaingi Tesla Model 3 

Versi produksi massal Fisker Ocean

Untuk versi produksi massalnya, SUV listrik baru ini berukuran panjang 182 inci, lebar 76 inci, dan tinggi 64 inci. Ukuran ini jika dibandingkan hampir setara crossover Chevrolet Equinox.

Mobil listrik Fisker Ocean saat ini di AS dipasarkan mulai 37.499 dolar AS atau setara sekitar Rp538 jutaan. Sedangkan di Eropa, Jerman misalnya tempat mobil ini dipasarkan di luar AS dibandrol 32.000 euro atau sekitar Rp560 jutaan. 

Kedua harga mobil Fisker Ocean tersebut sudah termasuk PPN dan potongan subsidi dari masing-masing negara.

Bicara speksifikasi, untuk versi produksi massal nanti Fisker Ocean pada model standarnya akan mengaplikasi baterai 80 kwh dengan kemampuan daya jelajah hingga 450-480 km untuk sekali pemakaian. Sementara itu tenaga yang dihasilkan setara dengan mobil konvensional bertenaga 300HP.\

Demikian ulasan mobil Fisker Ocean yang ditawarkan salah satu start up AS kepada Paus Fransiskus. Untuk mendapatkan update seputar berita otomotif lainnya, simak terus Moladin.com.

Related posts

PHEVS 2024: Pakai OMODA E5 Semakin Aman, 17 Dealer Chery Bisa Tangani EV

PEVS 2024: Pabrik BYD Indonesia Siap Dibangun di Subang, Luas Lahan 108 Hektar!

PEVS 2024: Harga Resmi Wuling Cloud EV, Lebih Murah Dari BYD Dolphin!